Desain interior 'kebal' pelemahan rupiah

    Rizkie Fauzian - 07 September 2018 10:33 WIB
    Desain interior 'kebal' pelemahan rupiah
    Homedec 2018 akan berlangsung hingga 9 September 2018 di ICE, BSD City. (medcom.id/Rizkie)
    Tangerang: Efek pelemahan rupiah secara jangka panjang akan berpengaruh kepada bisnis properti. Lantas bagaimana dengan bisnis funiture dan desain interior nasional?

    "Efeknya pasti luar biasa ke interior karena 70 persen bahan-bahan bakunya berasal dari impor, seperti kaca, kursi hingga bahan baku sintetis   semuanya impor," kata Ketua HDII Pusat, Lea Aviliani Aziz di ICE BSD, Tangerang, Kamis (6/9/2018).

    Meski pelemahan rupiah cukup memprihatinkan, namun bisnis interior desain mampu bertahan. Bahkan saat terjadi krisis di 1998, bisnis ini termasuk salah satu sektor tetap berjalan bahkan kian melejit.

    "Waktu krisis moneter semua sektor kolaps, tapi interior desain tidak karena saat itu banyak perusahaan memutuskan pindah dari perkantoran ke rumah. Saat itu masyarakat tetap butuh interior desainer lagi," papar desainer senior tersebut.

    Ditemui di sela pameran HOMEDEC 2018, Lea menambahkan saat ini desain interior tidak lagi dipandang sebelah mata dibandingkan arsitek yang mengerjakan eksterior. Sudah banyak kantor-kantor pemerintahan yang menggunakan jasa desain interior.

    "Mereka ini sekarang tidak pakai arsitek lagi semuanya, jadi mereka tahu kalau arsitek mengerjakan tugasnya, begitu juga dengan desain interior mengerjakan tugasnya yang lain. Ini bagus untuk generasi mendatang," ungkapnya.

     



    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id