Unik, Furnitur Ini Berbahan Eceng Gondok

    Antara - 22 Januari 2020 17:09 WIB
    Unik, Furnitur Ini Berbahan Eceng Gondok
    Furnitur yang dibuat menggunakan eceng gondok. Foto: Antara
    Hulu Sungai Utara: Bahan material yang digunakan untuk membuat furnitur semakin beragam. Furnitur biasanya terbuat dari kayu atau rotan, namun eceng gondok sudah banyak digunakan oleh produsen furnitur.

    Perajin yang tergabung dalam kelompok usaha Kembang Ilung di Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, memproduksi aneka kerajinan berbahan eceng gondok, salah satunya kursi dan meja.

    Ketua kelompok usaha Kembang Ilung, Supian Nor di Amuntai Serlatan, mengatakan usaha mengolah eceng gondok menjadi kerajinan telah dilakukan beberapa tahun belakangan, usai mengikuti pelatihan pembuatan eceng gondok untuk kerajinan di Yogyakarta.

    "Jadi potensi eceng gondok di sekitar rumah kami ini sudah tak terlihat banyaknya, dan selama ini justru dinilai menjadi masalah oleh petani setempat, dan sekarang dimanfaatkan untuk kerajinan," kata Supian Nor.

    Kerajinan yang dihasilkan beragam, misalnya tikar yang diolah sedemikian rupa sehingga sangat menarik dan dijual seharga Rp500 ribu per lembar. Begitu juga satu set kursi yang terbuat dari eceng gondok dijual ratusan ribu rupiah.

    Supian Nor yang menjadi penggerak kelompok Kembang Ilung tersebut memperlihatkan proses pengolahan kerajinan dari eceng gondok di rumahnya, yang sekaligus menjadi galeri pemajangan dan penjualan 50 jenis kerajinan.

    Selain eceng gondok kelompok usaha mereka juga menggandrungi pengolahan kerajinan tanaman purun, serta bambu, sehingga aneka jenis kerajinan yang menghasilkan banyak uang.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id