Pemindahan Ibu Kota Untungkan Pengembang Properti

    Husen Miftahudin - 03 Februari 2020 18:00 WIB
    Pemindahan Ibu Kota Untungkan Pengembang Properti
    Pemindahan ibu kota berdampak positif bagi industri properti. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur disambut baik pengusaha properti. Beberapa di antaranya bahkan sudah terlebih dahulu membangun proyek di kawasan tersebut.

    Salah satunya PT DMS Propertindo Tbk yang mengembangkan proyek rumah tapak dan area komersial di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Melalui anak usahanya, DMS Prima Sentosa (DMSPS) memiliki landbank seluas 49,2 hektare (ha).

    Selain itu, Samarinda diproyeksikan menjadi salah satu kota terbesar dan penting. Hal ini didukung pembangunan infrastruktur jalan tol sepanjang 99,35 km yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda. 

    Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas mengakui Samarinda merupakan kota yang strategis, terlebih dekat dengan kawasan yang akan menjadi ibu kota anyar nantinya. Hal ini akan menguntungkan pengembang properti yang telah memiliki cadangan lahan (landbank) di sana. 

    "Secara tidak langsung ada potensi yang bisa berdampak positif," ujar Sukarno dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020. 

    Pendapat senada disampaikan analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta. Menurut dia, relokasi ibu kota ke Kaltim menjadi sentimen positif bagi emiten properti yang memiliki proyek di sekitar wilayah tersebut. 

    "Tentu kota-kota di sekitarnya berpotensi memiliki infrastruktur yang lebih progresif, semisal di Samarinda. Dengan demikian, hal itu akan mendorong pembangunan kawasan hunian yang juga seiring dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat," jelasnya.

    PT DMS Propertindo Tbk akan mengembangkan proyek Accola Garden Samarinda. Proyek tersebut didesain untuk menciptakan kawasan hunian yang mampu mengakomodasi gaya hidup modern masyarakat urban.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id