Jadi RS Darurat Covid-19, Bangunan Wisma Atlet Diperbaiki

    Rizkie Fauzian - 20 Maret 2020 10:13 WIB
    Jadi RS Darurat Covid-19, Bangunan Wisma Atlet Diperbaiki
    Wisma Atlet Kemayoran bakal difungsikan seagai tempat bagi pasien korona. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan dan merapikan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19.

    Perbaikan dilakukan sebagai respons atas permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Perbaikan dilaksanakan selama empat hari dan ditargetkan selesai pada Sabtu malam, 21 Maret 2020.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo dalam Ratas Evaluasi Penanganan Covid-19 mengenai rencana perbaikan Wisma Atlet Kemayoran untuk bisa dimanfaatkan sebagai RS Darurat Covid-19.

    Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19/Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Kementerian BUMN dan pihak terkait agar RS Darurat Covid-19 ini cepat selesai.

    "Perbaikan dilakukan pada fisik bangunan, instalasi air minum, listrik dan lift. Jika memang diperlukan penyesuaian atau pembongkaran fisiknya, kita siap," kata Khalawi di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Wisma Atlet Kemayoran bakal diperuntukkan bagi RS Darurat Covid-1. Akan ada empat tower yang digunakan yakni tower 1, 3, 6, dan 7 di Blok D-10.Tower 6 mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai RS Darurat dan ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang.

    Sementara tower 7, lantai satu akan digunakan sebagai ruang IGD, lantai dua untuk ruang ICU, lantai tiga untuk ruang refreshing, baru lantai empat hingga 32 sebagai ruang rawat inap. Ada 886 unit yang dapat menampung 2.458 pasien.

    Dari empat tower Wisma Atlet yang bakal digunakan, dua di antaranya yakni tower 1 akan dipakai untuk petugas paramedis dan tower 3 untuk posko Gugus Tugas Penanganan covid-19. Jumlah unit yang tersedia sebanyak 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang," jelasnya.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id