Konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Capai 86,46%

    Rizkie Fauzian - 04 September 2020 20:08 WIB
    Konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Capai 86,46%
    Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 kilometer. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya untuk meningkatkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.

    Salah satu ruas tol yang tengah diselesaikan adalah Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 kilometer. Hingga kini progresnya telah mencapai 86,46 persen.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

    "Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran merupakan salah satu dari enam ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), sebagai upaya mendukung konektivitas pada kawasan metropolitan Jabodetabek sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya," jelasnya dalam keterangan tertulis, 4 September 2020.

    Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, Kehadiran Jalan Tol JORR II nantinya juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Ibu Kota Jakarta seperti Banten.

    Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi enam ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,19 km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,64 km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (25,39 km), Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km).

    Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sendiri sepanjang 14,19 km terbagi menjadi empat Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 km.

    Untuk Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) diharapkan selesai konstruksi pada akhir 2020. Selain itu Jalan Tol ini juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

    Selanjutnya, Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong - Cinere yang juga akan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2020 mendatang. Jalan Tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran - Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id