Kawasan Industri di Luar Jabodetabek Berpeluang Besar

    Antara - 12 Februari 2021 20:34 WIB
    Kawasan Industri di Luar Jabodetabek Berpeluang Besar
    Ilustrasi kawasan industri. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia



    Jakarta: Kawasan industri di wilayah luar Jabodetabek atau pulau Jawa memiliki peluang yang cukup baik terutama dengan banyaknya investor asing yang akan masuk ke Indonesia.

    Director Industrial & Logistics Services Colliers International Indonesia, Rivan Munansa mengatakan banyak perusahaan yang berencana melakukan ekspansi.




    "Namun, hal ini mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat, karena faktor ketidakpastian secara global saat ini, dan juga kesiapan infrastruktur yang ada," jelasnya dalam laporan dikutip Jumat, 12 Februari 2021.

    Untuk saat ini, tampaknya kawasan industri yang ada masih menjadi fokus perluasan,
    ditambah dengan kawasan di sekitar Patimban, Batang atau bahkan Kendal, Semarang.

    "Namun, strategi investasi yang direncanakan oleh pemerintah juga secara jelas mengacu pada perluasan kawasan industri ke depannya," jelasnya.

    Kondisi sektor industri dan logistik tahun ini diproyeksikan lebih baik dibandingkan tahun lalu, meski peningkatannya tidak terlalu signifikan.

    "Masuknya industri-industri baru seperti kendaraan listrik dan baterai menunjukkan
    peluang besar bagi kawasan industri di Indonesia untuk menyambut berbagai jenis industri lainnya," ujar Rivan.

    Selain itu, menurut Rivan diperlukan analisis yang mendalam terkait masuknya tipe industri kendaraan listrik dan baterai ke pasar Indonesia.

    "Pilihan kawasan industri beragam, tetapi tidak semuanya sesuai, dan diperlukan analisis mendalam untuk menilai kawasan tersebut. Terlepas dari apakah ini industri baru atau bukan, pemilihan lokasi penting dilakukan, dan beberapa area sedang disiapkan oleh pemerintah dan juga pihak swasta," jelasnya.

    Selain kesiapan khusus untuk industri baru, ada persiapan lain, seperti keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus di Kendal, kemudian sekitar Patimban dan beberapa daerah lainnya. Ada juga potensi bagi industri tertentu yang memasuki kawasan ekonomi khusus untuk mendapatkan tax holiday.

    "Masuknya kendaraan listrik dan baterai ke pasar tampaknya akan menjadi bintang baru bagi sektor industri dan logistik di
    Indonesia," ujarnya

    Namun, barang konsumsi dan e-commerce akan terus meluas, dan juga data center serta fasilitas cold storage masih tetap berkembang, seperti halnya berbagai industri lainnya.

    Dengan mempertimbangkan potensi dan peluang serta berbagai langkah khusus yang dilakukan pemerintah, kesiapan sektor industri untuk menyambut industri baru terlihat positif. Ini memberikan peluang yang luar biasa bagi sektor industri dan iklim investasi di Indonesia.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id