Pembangunan Rumah Subsidi Tembus Satu Juta Unit

    Rizkie Fauzian - 18 Oktober 2019 18:30 WIB
    Pembangunan Rumah Subsidi Tembus Satu Juta Unit
    Pemerintah terus menggenjot realisasi Program Sejuta Rumah. Foto: dok. Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi Program Sejuta Rumah mencapai angka 1.002.317 unit. Meski sudah melewati satu juta, namun tahun ini pemerintah menargetkan pembangunan rumah hingga 1,25 juta.

    "Hingga 14 Oktober 2019 capaian sejuta rumah sudah melewati angka satu juta yakni mencapai angka 1.002.317 unit," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

    Khalawi menambahkan, akan terus bekerja keras mencapai target pembangunan rumah sebanyak 1,25 juta unit hingga akhir tahun ini. Untuk itu, pihaknya akan menggandeng seluruh stakeholder bidang perumahan untuk bersama-sama mensukseskan Program Sejuta Rumah guna memenuhi kebutuhan rumah untuk masyarakat. 

    "Kami tetap optimistis angka 1,25 juta unit rumah bisa tercapai tahun. Adanya tambahan kuota KPR FLPP juga akan berpengaruh pada capaian Program Satu Juta Rumah ini," ujarnya.

    Pihaknya masih punya cadangan pembangunan rumah swadaya melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia.

    Khalawi menyatakan, Presiden Joko Widodo akan tetap melanjutkan Program Sejuta Rumah tahun depan. Namun demikian, pemerintah ke depan akan melaksanakan Program Sejuta Rumah dengan berbagai penguatan di berbagai sektor bidang perumahan.

    "Kami juga akan mendorong Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas (P2BK), pembangunan perumahan berskala besar, optimalisasi Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dan BP2BT serta koordinasi dengan Kementerian / Lembaga dan Pemda,” terangnya.

    Berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, capaian Program Satu Juta terdiri atas rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 706.440 unit dan non MBR sebanyak 295.877 unit.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id