IAI Kupas Tantangan Desain Bangunan pada Masa Pandemi

    Gervin Nathaniel Purba - 25 September 2020 21:46 WIB
    IAI Kupas Tantangan Desain Bangunan pada Masa Pandemi
    Huang Xiqiu membahas mengenai strategi penanganan pandemi di Tiongkok, khususnya di Wuhan. (Foto: Dok. IAI)
    Jakarta: Pandemi covid-19 berdampak pada semua sektor. Virus yang mengubah gaya hidup manusia itu mendorong para arsitek untuk menyiapkan desain bangunan khusus. Terutama konsep bangunan rumah sakit dan sekolah.

    Dalam mengupas tuntas tantangan tersebut, Bidang Hubungan Organisasi, Kelembagaan, dan Internasional Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggelar seminar berbasis daring (online), bertajuk Evolving Hospital and School Design for An Adaptable Future. Seminar dilaksanakan secara daring pada Kamis, 24 September 2020.  

    Seminar ini menghadirkan narasumber internasional Huang Xiqiu, sebagai Arsitek Kepala IPPR International Engineering & Kepala Tim Penasehat Teknik RS Khusus Covid-19 Houshenshan, Wuhan.

    Selain itu, dua pembicara nasional juga turut dihadirkan. Mereka adalah Pemerhati, Arsitek Bangunan Rumah Sakit & Urban Designer Woerjantari Kartidjo Soedarsono, IAI dan Ketua Bidang Hubungan Organisasi, Kelembagaan, dan Guru Besar Arsitektur UI Yandi Andri Yatmo. Sementara itu, Internasional IAI Jakarta Cosmas Damianus Gozali sebagai moderator.

    Pada seminar itu, Huang Xiqiu membahas mengenai strategi penanganan pandemi di Tiongkok, khususnya di Wuhan. Dilanjutkan dengan konseptual desain rumah sakit, yaitu standar unit, zonasi ruang, dan aksesibilitas rumah sakit.

    Lalu, bagaimana tahap perencanaan dan perancangan yang dijalankan untuk menyelesaikan rumah sakit khusus covid-19 dalam waktu 10 hari dengan sistem modular prefabrikasi. Hambatan selama proses konstruksi dan solusi yang diambil juga turut dibahas.

    Dari sisi penyesuaian desain dan fungsi fasilitas kesehatan selama pandemi, Woerjantari Kartidjo Soedarsono yang mengupas tuntas. Woerjantari juga membahas faktor yang memengaruhi tipologi bangunan sarana publik. Terutama fasilitas kesehatan agar aman dari virus dengan kasus penularan tertinggi,

    Woerjantari juga membahas tantangan dalam mewujudkan ruang publik di kota-kota besar Indonesia yang tahan akan wabah penyakit menular.

    Narasumber berikutnya, Yandi Andri Yatmo membahas bagaimana dampak covid-19 terhadap pendidikan di Indonesia, perubahan yang terjadi terhadap sistem dan, tipologi bangunan pendidikan di Indonesia.

    Yandi juga membahas perubahan yang terjadi terhadap sistem dan tipologi bangunan pendidikan dalam era post-pandemic, tahap perencanaan, perancangan, dan peran pemerintah dalam sekolah Indonesia cepat tanggap yang sedang dalam proses pematangan.

    Seminar ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada para arsitek dalam membangun bangunan publik yang aman dari penyebaran virus dan tetap mewadahi kegiatan di dalamnya dengan baik.(ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id