New York Buat Aturan Bangunan Ramah Burung

    Rizkie Fauzian - 23 Desember 2019 19:18 WIB
    New York Buat Aturan Bangunan Ramah Burung
    Aturan baru mencakup pembangunan gedung baru yang ramah terhadap burung. Foto: Shutterstock
    New York: Pemerintah New York mengesahkan undang-undang baru terkait persyaratan bangunan. Aturan tersebut yakni membuat struktur kaca pada bangunan tinggi lebih ramah burung.

    Undang-undang tersebut mengharuskan bangunan kaca dengan tinggi 23 meter atau lebih harus memiliki pola yang mudah terlihat oleh burung. 

    Hal tersebut agar saat burung-burung bermigrasi tidak menabrak gedung. Undang-undang tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi jumlah burung yang mati karena menabrak kaca.

    New York's chapter of the American Institute of Architects, the American Bird Conservancy dan New York City Audubon adalah institusi yang mendukung burung di beberapa wilayah.

    Semuan institusi tersebut tentunya mendukung pengesahan undang-undang tersebut. RUU tersebut awalnya diusulkan oleh anggota dewan Broklyn, Rafael Espinal.

    RUU ini juga mencakup tentang desain bangunan yang ramah burung dan pedoman konstruksi yang menyarankan penggunaan kaca fritted yakni yang menampilkan garis atau pola titik-titik.  

    Aturan ini juga akan mengurangi penggunaan kaca bening pada bangunan. Meski demikian, aturan ini tidak memengaruhi bangunan yang telah ada, hanya jika dilakukan renovasi.

    Bangunan baru nantinya akan memiliki atap hijau. Dengan tinggi berapa pun harus memenuhi persyaratan baru. Aturan ini dibuat untuk keselamatan burung yang bermigrasi di Amerika.

    The American Bird Conservancy memperkirakan dalam sebuah penelitian bahwa 600 juta burung mati setiap tahun di Amerika Utara karena menabrak dinding kaca.

    Sementara masyarakat Audubon New York City menemukan bahwa lebih dari 90 ribu burung bertabrakan dengan bangunan setiap tahun di kota tersebut.

    Dalam studi tersebut, daerah padat seperti New York City dan Chicago disebut sebagai tempat yang paling mematikan karena menghalangi jalur migrasi burung.

    Gedung pencakar langit dengan fasad kaca merupakan masalah khusus karena mengganggu pola penerbangan dan burung sering bingung dengan pantulan di kaca serta cahaya dari dalam gedung.

    Dalam studi Decline of the North American Avifauna menyebut tabrakan dengan jendela juga disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama penurunan populasi burung di Amerika Utara.

    San Francisco menjadi kota besar pertama di AS yang mengadopsi standar bangunan aman burung pada 2011, meskipun ini hanya bersifat sukarela.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id