Menakar Untung Rugi Beli Rumah Subsidi

    Rizkie Fauzian - 29 Maret 2019 15:47 WIB
    Menakar Untung Rugi Beli Rumah Subsidi
    Rumah subsidi sangat cocok untuk generasi milenial. (Foto: Ilustrasi: Shutterstock)
    Jakarta: Keberadaan rumah subsidi bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan hunian. Sebab, harganya relatif murah, syarat untuk mendapatkannya pun cukup mudah terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

    Menurut Managing Director Lamudi.co.id Mart Polman, keberadaan rumah subsidi merupakan solusi untuk memiliki rumah di tengah meroketnya harga hunian. Apalagi bagi generasi milenial yang memiliki keterbatasan finansial.

    "Rumah subsidi sangat cocok untuk generasi milenial. Cicilan untuk membeli rumah ini sangat terjangkau. Setara dengan harga smartphone murah," kata Mart dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Maret 2019.   

    Kendati unggul dari sisi harga yang relatif murah, Mart mengatakan membeli rumah subsidi memiliki sejumlah kekurangan. Oleh karena itu penting bagi calon pembeli untuk mengetahui secara detail tentang apa yang harus diperhatikan ketika hendak membelinya. 

    Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah subsidi, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangannya. 

    Kelebihan Rumah Subsidi

    DP Ringan

    Saat ini harga rumah subsidi untuk wilayah Jabodetabek sebesar Rp148 jutaan. Karena harga rumah yang murah, maka uang DP yang dikenakan kepada calon pembeli pun cukup terjangkau, yakni rata-rata Rp10 jutaan. Bahkan, ada beberapa pengembang yang menawarkan uang muka hanya 1 persen.

    Cicilan Ringan

    Cicilan pembayaran rumah sangat ringan. Rata-rata dikenakan Rp1 jutaan per bulan. Bunga yang dikenakan adalah fixed rate (tetap) hingga masa tenor selesai dengan jangka waktu maksimal 20 tahun.       

    Rumah Siap Huni

    Biasanya hunian yang dibeli oleh pelanggan  berstatus rumah siap huni. Skema ini sengaja diterapkan untuk melindungi pembeli dari kasus kegagalan pembangunan. Nantinya, pelanggan tidak akan diperbolehkan membayar cicilan rumah sebelum bangunan selesai dibuat.    

    Kekurangan Rumah Subsidi

    Lokasi Jauh

    Biasanya lokasi rumah subsidi jauh dari pusat kota. Wajar, karena harga lahan di pinggiran kota lebih murah. Sebenarnya, lokasi perumahan yang jauh dari pusat kota tak terlalu menjadi  masalah jika didukung sarana transportasi umum ataupun jalan tol menuju pusat kota.  

    Bahan Bangunan Berkualitas Standar

    Lantaran harga yang ditawarkan murah, kualitas bahan bangunan yang digunakan bukan premium. Luas rumah yang disediakan juga tidak besar yakni hanya 60 meter persegi. Dianjurkan sebelum prosesi serah terima kunci, Anda terlebih dahulu mengecek kondisi fisik rumah. Periksa dengan detail apakah pemasangan keramik, genteng, ataupun kusen sudah terpasang rapi.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id