Tren Pencarian Properti, Harga di Bawah Rp1 Miliar Masih Jadi Incaran

    Rizkie Fauzian - 07 Mei 2021 14:09 WIB
    Tren Pencarian Properti, Harga di Bawah Rp1 Miliar Masih Jadi Incaran
    Rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar masih banyak dicari konsumen. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Pencarian properti di Rumah.com pada kuartal pertama 2021 naik sebesar 26 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di Rumah.com masih meningkat sebesar 183 persen. 

    Menurut Country Manager Rumah.com Marine Novita, naiknya tren pencarian properti ini memang erat kaitannya dengan siklus properti tahunan.

     



    "Kuartal pertama merupakan masa di mana permintaan properti meningkat, setelah kuartal sebelumnya orang lebih memfokuskan pengeluaran untuk kebutuhan belanja konsumtif dan liburan," jelasnya dalam laporan, dikutip Jumat, 7 Mei 2021.

    Sedangkan kisaran harga yang paling diminati konsumen berada pada kisaran Rp300 juta hingga Rp750 juta, sementara jika diakumulasikan, mayoritas pencarian menginginkan hunian di bawah Rp1 miliar.

    "Jika dilihat, kisaran harga yang dicari masih belum sesuai dengan lokasi yang diinginkan. Mayoritas pencarian hunian di Jabodetabek menginginkan lokasi di DKI Jakarta, namun mayoritas pencarian berdasarkan harga maksimal hanya Rp1 miliar," jelasnya.

    Sementara jika ingin mencari rumah tapak, konsumen harus menyediakan dana setidaknya Rp2,5 miliar untuk bisa memiliki rumah tapak di kawasan Jakarta.

    Sebagai solusi alternatifnya, Marine menyarankan pencari properti yang mengincar hunian di kawasan Jakarta namun dengan budget terbatas bisa melirik apartemen. 

    "Karena saat ini, dengan budget di kisaran Rp750 jutaan, konsumen masih bisa mendapatkan unit apartemen dengan dua kamar tidur," ungkap Marine.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id