Pekerja dengan Gaji Rp20 Juta Kurang Tertarik Beli Rumah

    Rizkie Fauzian - 26 November 2020 17:05 WIB
    Pekerja dengan Gaji Rp20 Juta Kurang Tertarik Beli Rumah
    Pekerja gaji Rp20 juta kurang tertarik beli rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Di masa pandemi, banyak masyarakat yang menyimpan dananya di rekening tabungan ketimbang belanja. Namun, keinginan membeli aset properti ataupun kendaraan tetap ada.

    Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek di Masa Pandemi yang digelar Lifepal.co.id menunjukkan bahwa keinginan membeli aset properti maupun kendaraan tidak sampai 50 persen.

    Lantas seperti apakah keinginan masyarakat dalam membeli aset properti dan kendaraan di Triwulan IV 2020? Berikut ulasan dari survei tersebut.

    Rumah masih jadi aset yang paling diinginkan
    Pekerja dengan Gaji Rp20 Juta Kurang Tertarik Beli Rumah

    Bicara soal keinginan membeli aset properti untuk penggunaan pribadi, maka sebagian responden masih memilih rumah. Namun keinginan membeli rumah bagi para responden hanya sebesar 46,9 persen saja.

    Adapun, aset properti lain yang diinginkan setelah rumah adalah tanah, disusul apartemen. Kendaraan yaitu mobil dan motor menduduki posisi paling buncit di antara aset-aset fisik lainnya.  

    Di masa pandemi, perempuan lebih tertarik beli mobil, laki-laki pilih motor
    Pekerja dengan Gaji Rp20 Juta Kurang Tertarik Beli Rumah

    Terkait aset properti seperti rumah, tanah, maupun apartemen, laki-laki masih cukup mendominasi dari segi keinginan. Namun tidak demikian dalam hal kepemilikan kendaraan.

    Responden perempuan terlihat lebih tertarik membeli mobil. Hal itu tertera dari hasil survei yang menunjukkan bahwa keinginan responden perempuan membeli mobil mencapai 31,1 persen sementara itu pria hanyalah 29,8 persen.

    Namun untuk motor, keinginan dari responden pria mencapai 27,4 persen, sementara itu perempuan hanya 24,6 persen.  Responden berpenghasilan lebih dari Rp20 juta, kurang tertarik beli rumah, tanah, dan apartemen

    Responden berpenghasilan lebih dari Rp 20 juta, kurang tertarik beli rumah, tanah, dan apartemen
    Pekerja dengan Gaji Rp20 Juta Kurang Tertarik Beli Rumah

    Ketertarikan dalam membeli aset properti maupun kendaraan bermotor ternyata didominasi oleh responden berpenghasilan di bawah Rp5 juta per bulan, dan yang berpenghasilan Rp5 juta hingga Rp10 juta. Lantas seperti apa minat responden berpenghasilan di atas Rp20 juta?

    Dengan penghasilan di atas Rp20 juta, secara tidak langsung responden memiliki daya beli yang jauh lebih tinggi daripada yang lain.

    Di masa pandemi ini, responden dengan tingkat penghasilan di atas Rp20 juta kurang tertarik dalam membeli rumah, apartemen, maupun tanah. Meski demikian, keinginan untuk memiliki properti masih jauh lebih besar ketimbang responden berpenghasilan Rp5 juta hingga Rp10 juta.
     
    Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek era pandemi

    Survei dilakukan dengan metode random sampling terhadap 400 responden yang merupakan warga domisili Jabodetabek. Survei berlangsung pada awal Triwulan IV 2020 yaitu, 6 Oktober hingga 18 November 2020.

    Responden dikategorikan pula dalam kategori penghasilan. Sebanyak 13 persen responden memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan, 40,4 persen berpenghasilan Rp5 hingga 10 juta, 29,3 persen berpenghasilan Rp10 hingga Rp20 juta per bulan, dan 17,3 persen dengan penghasilan Rp20 juta ke atas per bulan.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id