Dukung PON XX, 15 Rusun Dibangun di Papua

    Rizkie Fauzian - 26 Oktober 2020 18:23 WIB
    Dukung PON XX, 15 Rusun Dibangun di Papua
    Kementerian PUPR bangun 15 rusun untuk mendukung Pon XX di Papua. Foto: Kementerian PUPR
    Papua: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun sebanyak 15 tower rumah susun (Rusun).

    Rusun tersebut dibangun guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua dan rencananya akan digunakan untuk tempat tinggal para official serta atlet yang berlaga di ajang olahraga

    "Total ada 15 Rusun yang kami bangun untuk PON di Papua," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Omri Sianturi didampingi Kaur Data, Anastasya Manep di Papua dalam keterangan tertulis, Senin, 26 Oktober 2020.

    Omri menerangkan, PON XX Papua 2021 adalah ajang olahraga nasional utama yang diselenggarakan di Papua. Pekan Olahraga Nasional 2021 rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 4 November 2021.

    Stadion Utama Papua Bangkit menjadi lokasi utama penyelenggaraan ajang olahraga ini, baik upacara pembukaan maupun penutupan. Tagline yang diangkat pada edisi ini adalah "Torang Bisa" yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua.

    Lebih lanjut, Omri menerangkan, BP2P Wilayah Papua I bersama Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua turut mendukung pelaksanaan acara bergengsi yang digelar di Provinsi Papua.

    "Salah satu Program yang dilakukan adalah Pembangunan Rusun yang dilaksanakan sejak 2016 hingga tahun ini," terangnya.

    Omri menjelaskan, dalam Pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dibutuhkannya bangunan fasilitas pendukung untuk tempat tinggal para official dan atlit yang akan berlaga. Pembangunan Rumah Susun ini mampu menampung hingga ratusan official dan atlit di setiap towernya.

    "15 Tower Pembangunan Rumah Susun di Papua sedang disiapkan yang tersebar di beberapa Kabupaten Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura," jelasnya.

    Rusun tersebut akan diperuntukkan bagi ASN, TNI/Polri, Pelajar/Mahasiswa, Santriwan/Santriwati, serta Jemaat Gereja setelah pelaksanaan PON XX Tahun 2021.

    Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR telah melaksanakan pembangunan Rumah Susun di Papua dalam mendukung acara tersebut sebanyak sembilan tower yang tersebar di Kota Jayapura sebanyak empat tower, Kab. Merauke tiga tower, dan Kab. Jayapura dua tower.

    Terdapat Rusun di Kota Jayapura sebanyak dua tower sedang dalam proses penyelesaian, kemudian terdapat juga di Kab. Jayapura dua tower dalam proses pembangunan serta di Kabupaten Merauke dua tower sedang dalam pembangunan dan berstatus Multi Year Contract.

    "Total anggaran Pembangunan Rumah Susun 15 tower bangunan tersebut kurang lebih sebesar Rp330,4 miliar. Pembangunan ini juga selain membantu proses pelaksanaan PON XX juga sangat membantu bagi penerima manfaat untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni di Provinsi Papua," ungkapnya.

    Pembangunan ini dapat berjalan dengan baik berkat adanya koordinasi yang baik juga antara Kementerian PUPR dan pemerintah daerah setempat. Pemerintah daerah juga sangat aktif dan mendukung atas ketersediaan lahan serta dalam mengawal proses pelaksanaan Pembangunan Rusun.

    "Kami berharap Pembangunan Rumah Susun dapat memberikan kelancaran proses pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dan mampu mengurangi angka backlog perumahan di Provinsi Papua. Selain itu tetap dapat dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya sesuai dengan kebutuhan yang ada di Papua," ujar Yohanes R. Rumbewas selaku PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id