Alasan Milenial Belum Punya Rumah

    Media Indonesia - 14 Mei 2019 11:18 WIB
    Alasan Milenial Belum Punya Rumah
    Antusiasme generasi milenial membeli hunian masih tinggi. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Antusiasme generasi milenial membeli hunian tampaknya masih tinggi. Namun, generasi milenial dianggap belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah.

    Menurut Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata, banyak faktor yang memengaruhi milenial belum mampu membeli rumah pertama mereka. Salah satunya, gaya hidup mencari pertualangan dan gadget.

    "Gaya hidupnya mencari pengalaman lewat pertualangan, termasuk membeli gadget dan lainnya juga merupakan gaya hidup. Rumah tidak lagi prioritas utama," ujar Soelaeman saat dihubungi di Jakarta, kemarin.

    Penyebab kedua ialah teknologi digital saat ini memungkinkan milenial bisa bekerja di berbagai tempat secara berpindah-pindah dan sistem laporan pekerjaan mereka bisa dilakukan dari jarak jauh. 

    "Sistem kerja tidak lagi berangkat pagi pulang sore ke tempat yang sama rumah-kantor, sehingga membeli rumah di suatu tempat malah menjadi beban karena rumahnya sering kosong," kata Soelaeman.

    Dalam riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index disebutkan responden dengan rentang usia 28-30 tahun ialah yang paling banyak memiliki rencana tinggal sendiri atau pindah dari rumah orang tua mereka. 

    "Tidak semuanya serta-merta membeli rumah, 25 persen di antaranya memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri," kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan.

    Melihat data yang ada, tampaknya minat dan keinginan generasi milenial untuk hidup terpisah dari orang tua dan mandiri cukup tinggi, tetapi belum semua diiringi kemampuan dan kemauan untuk membeli rumah.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id