Pemerintah Bangun 3 Rusun di Kalbar

    Rizkie Fauzian - 29 April 2021 17:19 WIB
    Pemerintah Bangun 3 Rusun di Kalbar
    Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid. Foto: Kementerian PUPR



    Kalimantan: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun tiga rusun di Kalimantan Barat. Ketiga rusun tersebut dibangun dengan anggaran hingga Rp32 miliar.

    Ketiga rusun tersebut antara lain, Rusun Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat, Rusun Sekolah Tinggi Agama Islam Mampawah, dan Rusun Pondok Pesantren Darul Fadhilah Ketapang.






    "Hari ini kita laksanakan groundbreaking tiga rusun untuk perguruan tinggi dan pondok pesantren di Kubu Raya, Kalimantan Barat," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 April 2021.

    Khalawi menjelaskan, pembangunan rusun ini merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah. Pembangunan rusun ini guna menambah semangat mahasiswa dan santri untuk belajar dengan baik.

    "Adanya rusun mahasiswa dan santri di Kubu Raya pasti akan di dukung oleh Pemda setempat. Kementerian juga membangun rusunseminari keuskupan, ASN TNI/Polri, masyarakat berpenghasilan rendah sehingga pembangunannya bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak," jelasnya.

    Pembangunan tiga Rusun tersebut dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

    Rusun UNU Kalimantan Barat dibangun di Jalan Arteri Supadio, Jalan Parit Derabak, Kecamatan Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Anggaran pembangunan rusun UNU Kalbar senilai Rp13,98 miliar.

    Rusun UNU Kalbar dibangun setinggi tiga lantai dengan luas bangunan 38,25 x 11,74 meter persegi. Jumlah unit hunian sebanyak 43 unit tipe 24 dengan daya tampung 166 orang mahasiswa.

    Diperkirakan pekerjaan pembangunan dilaksabakan selama 240 hari kerja. Pelaksana pembangunan adalah PT Fairuz Syifa Mumtaza dan Konsultan PT. Fini Rekayasa Konsultan.

    Sedangkan Rusun STAI Mempawah dibangun di Jalan Gusti Sulung Lelanang Mempawah dengan anggaran senilai Rp14,17 miliar. Rusun STAI Mempawah dibangun setinggi tiga lantai dengan luas bangunan 38,25 x 11,74 meter persegi. Jumlah unit hunian sebanyak 43 unit tipe 24.  

    Diperkirakan pekerjaan pembangunan dilaksanakan selama 240 hari kerja. Pelaksana pembangunan adalah PT Metro Kreasi Indoteknik dan Konsultan PT Fini Rekayasa Konsultan.

    Rusun Ponpes Darul Fadhilah Ketapang dibangun di Jalan  Pendidikan, Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang. Anggaran pembangunan Rusun tersebut senilai Rp4,5 miliar 

    Tipe Rusunnya adalah rusun mini dengan dua tingkat dan jumlah unit hunian empat barak. Luas bangunan adalah 33x8,2 meter dan waktu pelaksanaan pembangunan 150 hari kalender. 

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id