comscore

Tahun Depan, 2 Kecamatan di Tangerang Raya Jadi Incaran Pencari Rumah

Rizkie Fauzian - 29 Desember 2021 17:00 WIB
Tahun Depan, 2 Kecamatan di Tangerang Raya Jadi Incaran Pencari Rumah
Tangerang Raya bakal jadi incaran pencari rumah tahun depan. Foto: Shutterstock
Jakarta: Berbagai stimulus dan kebijakan pemerintah berhasil meningkatkan minat konsumen untuk melakukan transaksi pembelian properti. Selain insentif, proyek infrastruktur transportasi juga turut menjadi daya tarik konsumen, khususnya jalan tol yang menghubungkan kawasan hunian dengan pusat kota.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan bahwa meskipun minat masyarakat terhadap properti kelas menengah atas di pusat kota meningkat, namun minat konsumen properti pada 2022 masih akan tertuju pada kawasan-kawasan penyangga kota-kota besar (suburban).

 



"Selain harga, infrastruktur transportasi, kelengkapan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan dan pendidikan masih akan menjadi daya tarik utama," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 Desember 2021.

Rumah.com menganalisis sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen di 2022. Wilayah prospektif yang pertama adalah Tangerang Raya. Kecamatan Cipondoh dan Karang Tengah menjadi dua area yang paling prospektif di Kota Tangerang tahun ini. 

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), pada kuartal III-2021, indeks harga properti di Cipondoh naik 29 persen secara tahunan, sementara Karang Tengah mencatat kenaikan indeks harga sebesar 41 persen juga secara tahunan. 

Lokasi Cipondoh yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat sangat menguntungkan. Beragam fasilitas umum seperti mal, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan kelas menengah atas dapat diakses penghuni di area ini dengan mudah. 

Cipondoh memiliki kawasan reservasi dan kawasan hijau di Situ Cipondoh sehingga sangat ideal bagi pencari properti yang ingin hunian dekat ibu kota namun dengan kualitas udara dan lingkungan hidup yang lebih baik. 

Cipondoh juga memiliki akses KRL Commuter Line dan KA Bandara di Stasiun Batuceper serta akses tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Sedangkan Kecamatan Karang Tengah terhubung dengan tol Jakarta-Tangerang-Merak. 

Terdapat tiga rumah sakit besar di area ini, salah satunya Mandaya Royal Puri Hospital yang merupakan RS tipe B dengan pelayanan kelas internasional. Karang Tengah juga berbatasan langsung dengan Jakarta Barat sehingga warganya dapat dimanjakan oleh fasilitas umum yang lengkap. 

Marine menyatakan berdasarkan analisis Rumah.com, kedua wilayah ini memiliki fasilitas umum yang lengkap dan beragam pilihan akses transportasi umum dan pribadi. Kebijakan insentif pembebasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari Pemerintah Kota Tangerang juga menambah daya tarik kedua area tersebut.

Sepanjang 2021, Tangerang Raya tampaknya menjadi kawasan yang paling diuntungkan oleh pembangunan infrastruktur transportasi dimana Pemerintah meresmikan tiga ruas jalan tol yang saling terhubung di wilayah tersebut, yaitu Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, dan Serpong-Pamulang. 

Tersedianya akses tol baru tersebut menyebabkan pada kuartal ketiga 2021, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang secara berturut-turut mencatat kenaikan indeks harga properti tahunan sebesar 17,04 persen, 9,21 persen, dan 13,55 persen berdasarkan data dari Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI).

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id