3.000 Pekerja Konstruksi Miliki Sertifikat Keahlian

    Rizkie Fauzian - 22 Maret 2019 10:33 WIB
    3.000 Pekerja Konstruksi Miliki Sertifikat Keahlian
    Ilustrasi pekerja konstruksi. (FOTO: dok MI)
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kompetensi pekerja di bidang konstruksi dengan mempercepat sertifikasi tenaga kerja. Pemerintah pun kembali memberikan sertifikat kepada 3.000 tenaga kerja konstruksi.

    Berdasarkan data Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional pada 2018, jumlah tenaga kerja yang sudah bersertifikat baru 195 ribu orang. Padahal jumlah tenaga kerja di bidang konstruksi mencapai 8,3 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,6 juta orang merupakan tenaga ahli konstruksi namun belum memiliki sertifikat.

    Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono harus ada perbedaan antara yang tidak bersertifikat dan yang sudah bersertifikat. Dengan memiliki sertifikat, maka tenaga kerja konstruksi akan mendapatkan sejumlah manfaat.

    "Tenaga kerja bersertifikat ada jaminan mutunya sehingga berhak mendapatkan pendapatan lebih. Bukan hanya penghasilan namun juga asuransi. Kalau enggak ada sertifikasi, asuransi enggak mau," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019.

    Secara bertahap program sertifikasi kompetensi tenaga konstruksi terus dilakukan untuk memenuhi target yang dicanangkan sebanyak 512 ribu tenaga kerja bersertifikat pada 2019. Jumlah tersebut 10 kali lipat dari rata-rata capaian tahunan program sertifikasi dari 2015-2018, sebanyak 50 ribu orang.

    Untuk itu, Kementerian PUPR berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan LPJK melakukan percepatan program sertifikasi kompetensi tenaga konstruksi melalui sertifikat elektronik.

    Sertifikat ini memberikan kemudahan kepada pemiliknya dan ramah lingkungan, serta dapat mencegah pemalsuan sertifikat. Tenaga kerja hanya memerlukan gawai yang dimiliki untuk menunjukkan bukti kompetensinya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id