Punya THR, Alokasikan Buat Tabungan DP Rumah

    Rizkie Fauzian - 16 April 2021 11:38 WIB
    Punya THR, Alokasikan Buat Tabungan DP Rumah
    Alokasiikan THR untuk menambung DP rumah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) pekerja secara penuh. Bagi Anda yang tengah mengumpulkan dana untuk Down Payment (DP) rumah, bisa menggunakan uang THR.

    Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan bagi para pekerja yang akan mendapatkan THR sebaiknya sudah merencanakan untuk menggunakan dana tambahan yang diterimanya tersebut secara bijak.






    "Dengan besaran THR yang bisa mencapai sebesar satu bulan gaji penuh tersebut maka THR sangat potensial dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka pembelian rumah," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 16 April 2021.

    Namun sebelum mengalokasikan THR untuk dana tambahan membayar DP rumah, sebaiknya sudah mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Sehingga THR bisa digunakan untuk membantu membayar DP rumah asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran riil tahunan tersebut. 

    Menyisihkan THR sebagai pembayaran DP rumah adalah langkah yang tepat dan bijak karena memprioritaskan penggunaan uang untuk hal yang merupakan kebutuhan bukan sekedar keinginan. 

    "Apalagi harga rumah maupun hunian lainnya secara umum selalu naik setiap tahunnya dimana kenaikan harganya lebih tinggi dari inflasi," jelas Marine.

    Agar bisa menyisihkan dana THR yang diterima setahun sekali sebagai DP untuk membeli rumah, pekerja bisa membuat simulasi perhitungan. 

    Contohnya, dari 100 persen dana THR, 30 persen bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai pengeluaran bulanan. Kemudian 30 persen dana THR lainnya dapat digunakan untuk keperluan menyambut Lebaran. 

    "Sehingga sisa 40 persen dari dana THR dapat disimpan untuk mengumpulkan DP rumah. Namun jika jumlah THR-nya terbatas dan ingin mewujudkan rencana membeli rumah, maka rayakan Lebaran dengan sehemat mungkin," ungkapnya.

    Setelah memperkirakan berapa dana THR yang bisa disisihkan untuk membeli rumah, maka pekerja sebaiknya mulai mencari daerah hunian yang akan diincar dan menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya. Apalgi berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2021 menunjukkan terjadinya penurunan harga properti dan kenaikan suplai properti.

    "Turunnya harga properti dan naiknya suplai properti menunjukkan bahwa pasar properti masih berada dalam situasi buyer’s market. Sehingga bagi konsumen yang sudah siap secara finansial, inilah saat termudah untuk membeli hunian," kata Marine.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id