Terdampak Korona, Airbnb Siapkan Rp4 Triliun

    Antara - 31 Maret 2020 12:13 WIB
    Terdampak Korona, Airbnb Siapkan Rp4 Triliun
    Airbnb siapkan Rp4 triliun bantu pemilik properti atau tuan rumah. Foto: Airbnb
    Jakarta: Airbnb akan menyiapkan dana sebesar USD250 juta atau setara Rp4 triliun untuk membantu para mitra pemilik properti atau tuan rumah yang kehilangan uang karena pembatalan pesanan kamar akibat virus korona.

    Langkah itu muncul sebagai bentuk pesan damai untuk mitra pemilik properti yang terdampak keputusan Airbnb beberapa pekan lalu. Sebelumnya Airbnb menolak mengembalikan uang para tamu di Amerika Serikat.

    "Mohon dipahami keputusan ini bukan keputusan bisnis, tapi berdasarkan pada perlindungan kesehatan masyarakat,," kata salah satu pendiri Airbnb Brian Chesky.

    Airbnb akan membayar 25 persen dari biaya pemesanan, bila reservasi dibuat pada atau sebelum 14 Maret 2020, dengan tanggal check-in antara 14 Maret 2020 dan 31 Mei 2020.

    Wisatawan yang membatalkan pesanan Airbnb selama periode itu akan mendapatkan pengembalian dana secara utuh. Pembatalan yang diajukan sebelum 14 Maret 2020 akan ditangani sesuai dengan cakupan kejadian luar biasa yang berlaku pada saat pengajuan.

    Airbnb juga memberikan dana bantuan sebesar USD10 juta untuk "superhost" yang mendapat rating bagus namun membutuhkan bantuan untuk membayar sewa atau hipotek karena dampak virus korona.

    Dana tersebut berasal dari karyawan Airbnb yang awalnya mengumpulkan dana USD1 juta, namun dua pendirinya menyumbang sisa USD9 juta.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id