Kementerian ATR Siapkan Layanan e-Sertifikat Tahun Ini

    Rizkie Fauzian - 06 Januari 2021 19:22 WIB
    Kementerian ATR Siapkan Layanan e-Sertifikat Tahun Ini
    Kementerian ATR luncurkan e-Sertifikat. Foto: MI
    Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan layanan Pengecekan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) secara Elektronik.

    Pengecekan elektronik merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang pertanahan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terintegrasi secara modern.  

    "Kita sudah mulai mencanangkan pengecekan elekronik full 1 Januari 2021 secara nasional. Jadi kita sudah tutup 100 persen pengecekan manual tepat di 31 Desember 2020 kemarin," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian ATR Virgo Eresta Jaya dikutip laman resmi, Rabu, 6 Januari 2021.

    Menurutnya, Kementerian ATR telah mencoba layanan eletronik sejak pertengahan tahun kemarin, yakni mulai mengimplementasikan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el) dan dinilai berhasil.

    "Dan awal 2021 ini kita berharap kita menambah lagi layanan yang full elektronik, yaitu pengecekan," ungkapnya.
     
    Lebih lanjut, Kementerian ATR menjelaskan bahwa di masa pandemi covid-19 ini dengan adanya pengecekan elektronik diharapkan dapat mengurangi kerumunan.

    "Kurang lebih setelah adanya pengecekan elektronik ini dapat mengurangi 200 ribu orang per bulan yang datang ke Kantor Pertanahan," jelasnya.

    Virgo berharap dengan adanya sosialisasi ini teman-teman di Kantor Pertanahan tidak ragu untuk berhijrah untuk pengecekkan manual ke digital karena pengecekan elektronik itu justru akan memberikan ruangan waktu sebenarnya.

    "Kalau kita melakukan pengecekan secara konvensional, kita akan repot mencari buku tanah kita harus melakukan penyesuaian tetapi kalau kita sudah menggunakan pengecekan elektronik kita sudah fokus pada validasi saja," ungkap Virgo.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id