Ingat! Harga Rumah Subsidi Jangan Melampaui Batas

    Rizkie Fauzian - 17 Februari 2021 13:14 WIB
    Ingat! Harga Rumah Subsidi Jangan Melampaui Batas
    Harga rumah subsidi tak boleh melampaui batas yang diberikan pemerintah. Ilustrasi: Shutterstock



    Jakarta: Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR memastikan harga rumah subsidi yang dijual tak melampaui yang ditetapkan pemerintah.

    Direktur utama PPDPP Arief Sabaruddin mulai melakukan rekonsiliasi dengan 49 bank pelaksana penyalur FLPP.




    "Perlu diperhatikan, yang dikurangi adalah harga jual pengembang lalu dikurangi down payment (uang muka) satu persen dan dikurangi Rp4 juta dana Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM)" ujarnya dikutip dari laman resmi PPDPP, Rabu, 17 Februari 2021.

    Selain itu Arief Sabaruddin menyarankan kepada seluruh bank pelaksana dan para staf keuangan PPDPP agar dapat menjalankan rekonsiliasi bulanan rutin guna menghindari salah pencatatan.  

    "Dalam realisasi awal tahun ini diharapkan para bank pelaksana juga dapat segera melakukan follow up dan menyelesaikan antrian calon debitur di 2020, sebelum menindaklanjuti antrian calon debitur selanjutnya di 2021," ujarnya.

    Terkait kualitas rumah, Arief memastikan di 2021 hal tersebut akan dikawal melalui Aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi).

    "SiPetruk akan berlaku untuk rumah yang telah dibangun setelah Juli 2021, sedangkan untuk rumah yang telah ready stock di 2020 tidak diwajibkan menggunakan aplikasi tersebut," jelasnya.

    Sedangkan terkait isian form, Arief menjelaskan lebih lanjut bahwa di Februari 2021 hingga Juni 2021 akan bersifat volunter dan masih menggunakan form yang lama.

    Direktur Keuangan PPDPP Arief Rahman Hakim, menyampaikan permasalahan umum yang sering dijumpai dalam kegiatan rekonsiliasi antara lain adalah pelunasan dipercepat dan masih ada bank pelaksana yang belum menyelesaikan Berita Acara Rekon pada triwulan sebelumnya

    "Dana FLPP ini adalah uang negara, oleh karena itu dibutuhkan sinergi yang baik antara bank pelaksana dengan PPDPP di dalam pengelolaannya untuk menjamin akuntabilitas dan measurable," katanya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id