comscore

Daya Tarik Sektor Properti di Tengah Kenaikan PPN

Rizkie Fauzian - 02 Juni 2022 20:14 WIB
Daya Tarik Sektor Properti di Tengah Kenaikan PPN
Pasar properti tetap stabil meski hadapi tantangan. Foto: Shutterstock
Jakarta: Pemerintah berencana menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen pada 2025. Kenaikan tersebut tentu akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Lantas bagaimana proyeksi pasar properti 2025.

Senior Associate Director Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan, jika melihat pasar properti, maka tidak hanya melihat faktor eksternal, seperti faktor ekonomi yang mencakup kenaikan biaya seperti yang dihadapi saat ini, tetapi juga faktor internal dari sisi penawaran. 
"Sektor dengan kondisi kelebihan pasokan saat ini melihat kebijakan tersebut sebagai tantangan tambahan. Secara keseluruhan, kami memperkirakan bisnis properti akan memiliki daya tarik lebih selama dua atau tiga tahun ke depan karena didukung oleh penguatan ekonomi," jelasnya dalam laporan, dikutip Kamis, 2 Juni 2022.

Colliers Indonesia masih optimistis pasar properti tetap stabil meskipun menghadapi banyak tantangan. Menurutnya pertumbuhan properti mengenai siklus.

"Kami berpendapat bahwa kebijakan yang menambah beban pemulihan mungkin dapat ditinjau kembali ke depannya, terutama ketika situasi ekonomi menjadi lebih menantang," ungkapnya.

Saat ini yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan, selera dan kebutuhan pasar yang ada. Mungkin kaitannya tidak hanya dengan produk saja, melainkan bisa juga dalam hal pembayaran, atau dengan penawaran lain yang dapat diberikan ke pasar.

"Melihat kondisi pasar saat ini, hal penting lainnya adalah tidak terlalu fokus pada perolehan margin yang besar, melainkan lebih memperhatikan penyerapan produk yang sudah ada," ujarnya.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id