Pembangunan Rusun Dekat Stasiun Awal Pengembangan TOD

    Rizkie Fauzian - 10 Mei 2019 13:04 WIB
    Pembangunan Rusun Dekat Stasiun Awal Pengembangan TOD
    Kementerian PUPR berencana mengembangkan hunian TOD di Lebak Bulus. (Foto: dok: Kementerian PUPR)
    Jakarta: Lahan yang semakin minim di kawasan perkotaan membuat para pengembang mengalihkan pembangunan rumah ke pinggiran Jakarta. Padahal banyak kaum milenial yang bekerja di kawasan perkotaan.

    Untuk memenuhi kebutuhan rumah para milenial di kawasan perkotaan, pembangunan rumah susun berkonsep Transit Oriented Development (TOD) yang dekat dengan lokasi stasiun kereta menjadi pilihan. 

    "TOD merupakan salah satu pendekatan yang akan terus kita dorong dalam menyediakan perumahan khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan kaum milenial," kata Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana, dalam keterangan tertulis,Jumat 10 Mei 2019. 

    Dadang mengatakan pembangunan rusun terintegrasi dengan stasiun kereta merupakan langkah awal dari pembangunan hunian berkonsep TOD. Untuk selanjutnya pembangunan hunian berkonsep TOD juga akan dilakukan pada kawasan terminal bus. 

    "Karena jika kita melihat definisi TOD adalah pembangunan kawasan mix-use yang beriorientasi pada simpul-simpul transportasi, khususnya stasiun kereta, namun bisa juga terminal bus seperti di Baranangsiang, Bogor," ujarnya. 

    Kementerian PUPR juga berencana akan mengembangkan hunian dengan konsep TOD di lahan milik Kementerian PUPR di Lebak Bulus.  

    "Pemerintah dalam hal ini berfungsi untuk memfasilitasi. Contoh, Kementerian PUPR punya lahan di lokasi strategis yakni di Pasar Jumat, Lebak Bulus tepat di inner circle stasiun MRT Lebak Bulus," tutur Dadang. 

    Dadang menambahkan, peluang pembangunan hunian berkonsep TOD sangat besar. Untuk itu ia mendorong pihak pengembang swasta untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut, mengingat jaringan transportasi perkotaan akan terus berkembang. 

    "Kebutuhan simpul transportasi Jabodetabek ini sangat luar biasa. Cepat atau lambat sistem jaringan bawah tanah atau LRT semakin lengkap sehingga semakin terbuka peluang membangun hunian berbasis transit untuk memenuhi kebutuhan hunian di perkotaan," katanya. 



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id