Penjualan Rumah Terkendala Akad KPR

    Antara - 08 Juli 2020 21:20 WIB
    Penjualan Rumah Terkendala Akad KPR
    Pengembang terkendala akad KPR saat menjual rumah. Foto: Shutterstock
    Solo: Real Estat Indonesia (REI) menyatakan sejumlah pengembang terkendala proses akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada proses penjualan rumah sederhana. Hal tersebut karena perbankan masih membatasi akad calon konsumen di masa pandemi covid-19.

    "Semenjak mulainya pandemi, bank-bank masih menahan prosesnya. Prosesnya sekarang yang disetujui adalah dari kalangan TNI, ASN, dan Polri," kata Ketua REI Surakarta Anthony Abadi Hendra di Solo, Rabu, 8 Juli 2020.

    Ia mengatakan sejauh ini pengajuan akad dari masyarakat umum, terutama yang usahanya terdampak covid-19 belum bisa diterima.

    "Saat ini kami masih menunggu kebijakan lagi. Mudah-mudahan prosesnya bisa lancar lagi karena kalau kondisi masih seperti ini tentu sangat mengganggu cash flow pengembang," ungkapnya.

    Meski demikian terkait dengan pembangunan rumah sederhana, sejauh ini tidak mengalami kendala. Bahkan para pengembang masih memiliki stok yang cukup banyak untuk dijual ke konsumen.

    "Kalau stoknya sampai saat ini di Soloraya masih ribuan unit. Tetapi ya memang kami kesulitan jualnya," jelasnya.

    Bahkan, untuk meningkatkan animo masyarakat agar membeli, para pengembang berupaya memberikan banyak promo, di antaranya bebas uang muka, bebas biaya akad, dan biaya notaris.

    "Tetapi calon pembeli juga belum responsif, kondisi pasar masih lesu," katanya.

    Pihaknya belum berencana merevisi target meski di tengah kondisi pandemi. Menurut dia, jika melihat target awal untuk di Jawa Tengah masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 10 ribu unit.

    "Biasanya 5.000 unit di antaranya merupakan kontribusi dari Soloraya. Kalau melihat kondisi saat ini mungkin kalau sekarang bisa terjual sampai 2.500 unit saja sudah bagus sekali," ungkap Anthony.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id