Tren Perkantoran di Masa Pandemi

    Rizkie Fauzian - 08 Juli 2020 16:24 WIB
    Tren Perkantoran di Masa Pandemi
    Adanya tren baru di sektor perkantoran di masa pandemi korona. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) diperkirakan masih diperpanjang. Beberapa perusahaan melihat akan ada tren baru yang berubah di sektor perkantoran.

    Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto menjelaskan, beberapa tren perkantoran misalnya pembagian waktu kerja yang lebih fleksibel dan pertemuan tatap muka yang masih dibatasi.






    "Selain itu, adanya perubahan layout juga perlu dilakukan perusahaan untuk tetap menjaga jarak antar karyawan serta mematuhi protokol kesehatan. Sementara untuk jangka pendek, flexsible office akan menjadi opsi sebagai tempat berkantor sementara," jelasnya dalam video konferensi, Rabu, 8 Juli 2020.

    Dari sisi pengembang atau pengelola, mereka mulai menawarkan pengurangan ruang kepada penyewa, menyediakan unit-unit kecil untuk mendorong tingkat serapan, mempertimbangkan fleksibilitas dalam pembayaran sewa dan insentif lainnya.

    "Yang menjadi kunci di saat ini adalah meningkatkan protokol kesehatan kepada penyewa dan pengunjung, ini yang penting karena kalau gedung terindikasi kena covid-19 maka bukan hanya satu perusahaan yang disuruh pulang, tapi satu gedung itu bisa disuruh pulang," ungkap Ferry.

    Ferry meminta kepada pengelola gedung perkantoran untuk memberikan ruang negosiasi untuk harga sewa terutama dengan kondisi saat ini.

    "Biasanya suatu gedung perkantoran itu harus memenuhi hingga sekitar 60 persen hanya untuk memenuhi biaya beban operasional mereka dalam menjalankan pengelolaan gedung," jelasnya.

    Dirinya juga menyarankan agar pengelola meningkatkan okupansi, baik untuk gedung kantor lama atau baru dan maksimalkan protokol kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi para penyewa.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id