Gedung Tertinggi Menyerupai Kapal Tradisional di Beijing

    Anggi Tondi Martaon - 23 September 2019 12:16 WIB
    Gedung Tertinggi Menyerupai Kapal Tradisional di Beijing
    Citic Tower menjadi gedung tertinggi di Bejing. (Foto: Kohn Pedersen Fox)
    Beijing: Citic Group baru saja meresmikan kantor barunya. Bangunan yang diberi nama Citic Tower itu dapat dilihat dari seluruh kawasan Beijing, Tiongkok.

    Data Skyscrapercenter menyebut Citic Tower merupakan menara tertinggi di Bejing. Sementara di Tiongkok, menara tersebut didaulat menjadi bangunan tertinggi kelima dan keenam di Asia.

    Desain gedung pencakar langit meniru konsep Zun, kapal anggur tradisional era perunggu dinasti Tionghoa. Bedanya, bangunan tersebut tidak dibuat memanjang, namun dibangun menjulang hingga ketinggian 528 meter.

    Citic Tower juga menjadi bangunan kedua di Beijing dengan kategori Supertall. Supertall adalah istilah gedung pencakar langit yang memiliki ketinggian lebih dari 300 meter.
    Gedung Tertinggi Menyerupai Kapal Tradisional di Beijing
    (Foto: Kohn Pedersen Fox)
    Citic Tower dirancang oleh The Beijing Institute of Architectural Design dan The British Architecture Practice TFP Farrells. Namun, finalisasi banguna dilakukan oleh Kohn Pedersen Fox (KPF).

    Desain Citic Tower sangat beda dengan gedung lainnya yang ada di kawasan pusat bisnis (Central Business District/CBD), Beijing. Pada umumnya, gedung di kawasan tersebut berbentuk kotak atau bujur sangkar. Sementara, Cititc Tower dibuat mengecil pada bagian tengah.
    Gedung Tertinggi Menyerupai Kapal Tradisional di Beijing
    (Foto: Kohn Pedersen Fox)
    Adapun lebar bagian dasar Cititc Tower yaitu 78 meter. Sementara luas bagian tengah bangunan yaitu 54 meter. Bagian puncak bangunan merupakan yang paling luas, mencapai 69 meter.

    Citic Tower dibangun tidak hanya untuk kantor Citic Group. Bangunan 108 lantai itu bersifat multifungsi.

    Lantai dasar hingga delapan akan difungsikan sebagai pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan parkir dan akses bawah tanah menuju stasiun metro terdekat.

    Sementara bagian paling atas bangunan difungsikan sebagai taman. Namun, hal itu ternyata mendapat teguran dari pihak keamanan. Dikhawatirkan, pengunjung memata-matai Zhongnanhai, kompleks kepresidenan yang berada tak jauh dari kawasan CBD.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id