1.621 Rumah Layak Huni Bakal Dibangun di Riau

    Antara - 14 September 2021 20:59 WIB
    1.621 Rumah Layak Huni Bakal Dibangun di Riau
    Rumah layak huni yang dibangun di Riau. Foto: Kementerian PUPR



    Pekanbaru: Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Riau berencana membangun 1.621 Rumah Layak Huni (RLH) di Riau. Pembangunan rumah akan dilakukan di 12 kabupaten kota.

    Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau Taufik O.H mengatakan, rumah tipe 36 tersebut dibangun dengan dana sebesar Rp80 juta per unit. Anggaran dibiayai menggunakan Bantuan Keuangan (Bankeu) khusus dari APBD Riau.

     



    "Kendati ada pengalihan anggaran untuk penanggulang pandemi, namun demikian pengerjaan fisik RLH di Riau tetap berjalan," katanya di Pekanbaru, Selasa, 14 September 2021.

    Dia mengatakan, usulan nama-nama penerima bantuan RLH diajukan oleh pemerintah desa, kemudian diteruskan ke camat dan kabupaten lslu di sampaikan ke Pemprov Riau.

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan ada empat kriteria sebuah rumah dikatakan menjadi rumah yang layak huni. Ke empat kriteria tersebut antara lain struktur kontruksi yang kuat, luas bangunan, sanitasi yang baik serta tersedianya jaringan air bersih di rumah tersebut.

    Taufiq menyebutkan, bahwa rumah dikatakan layak huni sebelumnya dikategorikan oleh pemerintah telah memenuhi satu faktor saja. 

    Sedangkan saat ini berdasarkan Suistainable Development Goals (SDGs) ada empat faktor atau kriteria dan semuanya harus terpenuhi yakni mulai dari strukturnya, luasannya, sanitasinya juga air bersih nya

    "Saat ini di Riau ketersediaan rumah layak huni bagi KK miskin itu baru tercapai sebesar 40 persen namun demikian hingga Desember 2021 akan digesa kembali agar selesai seluruhnya dan KK tidak mampu bisa segera menempati hunian yang layak dan berkumpul dengan anggota keluarga masing- masing dengan aman,"ujarnya. 

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id