Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung dengan Lantai Kaca

    Rizkie Fauzian - 02 September 2020 12:07 WIB
    Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung dengan Lantai Kaca
    Ilustrasi jembatan kaca terpanjang di Tiongkok. Foto: Fred Dufour/AFP
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jembatan gantung sebagai akses konektivitas antar desa. Salah satunya pembangunan jembatan dengan lantai kaca.

    "Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 September 2020.

    Untuk menambah nilai estetika, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga merencanakan pembangunan jembatan gantung penyeberangan orang dengan lantai menggunakan teknologi plexiglass.

    Jembatan gantung dengan lantai plexiglass ini akan dibangun di sejumlah lokasi yang memiliki nilai wisata. Lokasi jembatan gantung kaca akan dipilih yang tepat sesuai kebutuhan dan dampak bagi kawasan yang dilayaninya.

    "Kita akan punya jembatan gantung dengan lantai kaca, dikombinasikan dengan lampu yang estetikanya bagus dan penggunaan tenaga surya," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian.

    Pada 2015-2019 Kementerian PUPR telah membangun 300 jembatan gantung di seluruh Indonesia dengan anggaran Rp1,4 triliun. Pada 2015 dibangun 10 jembatan, 2016 dibangun tujuh jembatan, 2017 dibangun 13 jembatan, 2018 dan 2019 masing-masing dibangun 130 jembatan dan 140 jembatan.

    Pembangunan jembatan gantung kembali dilanjutkan pada 2020. Hingga saat ini sudah ada 44 lokasi jembatan gantung yang sudah mendapat persetujuan untuk dibangun oleh Menteri PUPR.

    Dari jumlah tersebut, enam di antaranya direncanakan dibangun di pulau Papua. Secara umum jembatan gantung yang dibangun tersebut memiliki bentang antara 30 meter hingga 120 meter.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id