Pengembang Properti Nantikan Aturan Kepemilikan Asing

    Rizkie Fauzian - 30 Juli 2020 13:33 WIB
    Pengembang Properti Nantikan Aturan Kepemilikan Asing
    Pengembang nantikan realisasi kepemilikan asing. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law terdapat pasal yang membahas tentang kepemilikan properti bagi Warga Negara Asing (WNA). Wacana tersebut telah dinantikan oleh pengembang properti.

    Sales Division Head EleVee Project Kristien Andriani Wibowo mengaku sangat menunggu rencana tersebut. Aturan tersebut dinilai akan menggairahkan kembali sektor properti terutama di masa pandemi covid-19.

    "Itu sangat kami tunggu, kalau itu bisa terealisasi, tidak hanya Alam Sutera, tapi pasar properti akan bergairah," ungkapnya kepada Medcom.id.

    Menurutnya, properti yang dibeli oleh asing tidak bisa dibawa keluar dari Indonesia. Properti yang dibeli hanya digunakan di negara ini saja.

    "Toh mereka tidak bawa rumahnya, mereka tetep disini, itu untuk penggunaan di negara ini, itu (kepemilikan properti) menambah pasar properti lebih bergeliat," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono menyambut baik rencana pemerintah memperbolehkan warga negara asing (WNA) memiliki apartemen.

    "Menurut saya, itu bisa mendongkrak industri properti yang terpuruk beberapa tahun terakhir ini, apalagi di tengah pandemi (covid-19) ini terjadi keterpurukan yang serius," kata Iwantono, Kamis, 30 Juli 2020.

    Ketua Umum DPP REI Totok Lusida mengungkapkan, salah satu akselerasi yang diharapkan pengembang yakni terkait kepemilikan asing atas properti di Indonesia.

    "Kami berharap adanya kemudahan pembelian properti oleh orang asing. Tidak perlu harus memiliki KITAS, cukup visa multientry untuk waktu 3-5 tahun," ujarnya.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id