Anggaran Rp23 Miliar untuk Tata Kawasan Heritage Kayutangan

    Rizkie Fauzian - 08 April 2021 20:35 WIB
    Anggaran Rp23 Miliar untuk Tata Kawasan <i>Heritage</i> Kayutangan
    Kawasan Heritage Kayutangan di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Foto: Kementerian PUPR



    Malang: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan kualitas permukiman kumuh di Kawasan Kauman. Kawasan tersebut dikenal sebagai Heritage Kayutangan dan Polehan Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. 

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penataan kawasan kumuh ini dilakukan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program tersebut kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda.






    Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur M. Reva mengatakan, program tersebut untuk mendorong dan memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan.

    "Di Jawa Timur salah satu kawasan kumuh yang kami tata adalah Kawasan Kauman. Di sini bukan hanya sekadar kawasan kumuh, tetapi memiliki nilai heritage serta potensi dalam meningkatkan pariwisata di Kota Malang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 April 2021.

    Penataan Kawasan Kauman dan Polehan meliputi pekerjaan jalan paving dan ampyang sepanjang 2.052,19 meter, pekerjaan batu andesit zona I dan zona II sepanjang 3.936,81 meter persegi, pekerjaan drainase sepanjang 3.016,7 meter, pekerjaan arsitektur (gapura, pergola, lansekap taman air, vertikal garden), pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP), dan proteksi kebakaran. 

    Selain menerima manfaat pembangunan infrastruktur, diharapkan penataan Kawasan Heritage Kayutangan ini dapat membantu pelestarian cagar budaya serta menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

    Kegiatan ini dilaksanakan sejak 23 April 2020 hingga 1 April 2021 selama 340 hari kalender oleh kontraktor PT Widya Satria dengan anggaran senilai Rp23 miliar (MYC).  

    Penerima manfaat dari penataan kawasan tersebut sebanyak  2.562 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari Kawasan Polehan sebanyak 1.909 KK, Kawasan Kauman sebanyak 561 KK, dan Koridor Basuki Rahmat sebanyak 92 KK.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id