PPKM Bakal Berdampak pada Bisnis Hotel dan Ritel

    Rizkie Fauzian - 15 Januari 2021 17:04 WIB
    PPKM Bakal Berdampak pada Bisnis Hotel dan Ritel
    Bisnis hotel dan ritel paling terdampak PPKM. Ilustrasi: Shutterstock



    Jakarta: Pemerintah melakukan pembatasan aktivitas masyarakat di Jawa-Bali sejak 11 Januari 2021. Pembatasan yang diberlakukan tersebut akan memengaruhi prediksi ekonomi dan sektor properti.

    Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto mengatakan pembatasan aktivitas ini pastinya bertujuan untuk kebaikan.




    "Hingga saat ini, hal ini belum secara signifikan memengaruhi prediksi mengenai pertumbuhan ekonomi karena pembatasan diberlakukan hanya selama dua minggu hingga 25 Januari 2021," jelasnya dalam laporan, Jumat, 15 Januari 2021.

    Namun, menurut Ferry dampaknya akan terlihat signifikan pada hotel dan ritel. Hal ini dikarenakan regulasinya terkait langsung dengan sektor tersebut.

    "Selama pembatasan tidak berkepanjangan, prediksi atas pertumbuhan ekonomi dan sektor properti masih terbuka," jelas Ferry.

    Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menilai kebijakan tersebut akan berdampak pada ekonomi yang terhambat. Salah satunya pada sektor pusat perbelanjaan di Jakarta dan wilayah lain.
     
    Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menilai akan ada mal yang harus menutup usaha mereka karena adanya pembatasan sosial yang kembali diperketat ini.

    "Pembatasan tentunya akan mengakibatkan terhambatnya kembali perekonomian yang sebenarnya saat ini sudah mulai menghasilkan pergerakan, meskipun masih berlangsung secara bertahap," kata Alphonzus kepada Media Indonesia.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id