Pemerintah Upayakan Generasi Milenial Mudah Miliki Rumah

    Rizkie Fauzian - 19 Juni 2019 15:13 WIB
    Pemerintah Upayakan Generasi Milenial Mudah Miliki Rumah
    Kementerian PUPR mendorong generasi milenial memiliki rumah layak huni. (Foto: Rizkie/Medcom)
    Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian PUPR mendorong generasi milenial di Indonesia untuk dapat memiliki rumah layak huni. Namun, terdapat kendala dalam proses memiliki rumah.

    Kendalanya yaitu kenaikan harga rumah sehingga memengaruhi daya jangkau dan hambatan dalam memperoleh subsidi di sektor perumahan. Guna mengatasi kendala tersebut, pemerintah menyelenggarakan Program Sejuta Rumah (PSR). 

    "Pemerintah saat ini sedang mengupayakan penyediaan rumah bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui Program Sejuta Rumah. Sebab, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu, 19 Mei 2019.

    Khalawi berharap jangkauan Program Sejuta Rumah diadaptasikan dengan kebutuhan generasi milenial di Indonesia. 

    Pada umumnya, milenial memprioritaskan rumah berkualitas berupa apertemen/hunian di pusat kota yang terintegrasi dengan transportasi umum dan memiliki kemudahan dalam akses internet.

    "Hunian sewa masih cocok bagi milenial yang usianya 25-32 tahun, misalnya rumah atau apartemen sewa. Sementara, yang lebih cocok lagi adalah hunian Tod di pusat kota, dekat stasiun sehingga cepat dan mudah aksesnya," kata dia.

    Berdasarkan data, saat ini jumlah penduduk generasi milenial diperkirakan sebanyak 30 persen dari jumlah penduduk warga negara Indonesia. Diprediksi pada 2020, jumlahnya mencapai sekitar 60 persen dari total populasi penduduk Indonesia. 

    Menurut Khalawi, pertumbuhan populasi generasi milenial yang bergerak naik akan beriringan dengan meningkatnya kebutuhan perumahan layak huni berkualitas dan terjangkau pada masa mendatang. 

    "Saya juga berharap generasi milenial dapat memberikan masukan atas inovasi kebijakan, terutama terkait skema penyediaan perumahan yang berguna bagi penyediaan perumahan layak huni untuk MBR dan generasi milenial," ucapnya.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id