Kenaikan Penjualan Properti Ditopang Rumah Kecil

    Rizkie Fauzian - 11 November 2019 11:02 WIB
    Kenaikan Penjualan Properti Ditopang Rumah Kecil
    Penjualan properti mengalami kenaikan pada triwulan III-2019. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Di tengah pertumbuhan harga jual yang terbatas, penjualan properti residensial mengalami kenaikan. Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI) pada triwulan III-2019 mencatat penjualan tumbuh sebesar 16,18 persen.

    Peningkatan penjualan properti residensial terutama didorong oleh kenaikan penjualan pada rumah tipe kecil dan tipe besar, sedangkan penjualan rumah tipe menengah masih terkontraksi.

    Dalam survei tercatat, kenaikan penjualan rumah tipe kecil mencapai 23,01 persen dan tipe besar 34,89 persen, sedangkan tipe menengah masih terkontraksi -1,38 persen. 

    Secara tahunan penjualan properti residensial juga tumbuh 13,95 persen, atau lebih tinggi dari kontraksi -15,79 persen pada triwulan sebelumnya.

    Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang masih ditopang oleh kemampuan finansial perusahaan, tercermin dari porsi penggunaan dana internal pengembang yang mencapai 60,44 persen.    

    Sementara untuk pembelian properti residensial oleh konsumen, mayoritas atau 76,02 persen menggunakan fasilitas KPR dari perbankan.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id