Stadion Utama Gelora Bung Karno

    Renovasi Kembalikan SUGBK ke 'Selera Asal'

    Rizkie Fauzian - 20 Januari 2018 09:23 WIB
    Renovasi Kembalikan SUGBK ke 'Selera Asal'
    Kecantikan klasik SUGBK tampak menonjol di antara gedung-gedung modern sekitarnya. (foto: M. Tuflichun Alfath)
    Jakarta:  Kemegahan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masih jadi trending topic. Hujan pujian dialamatkan kepada tata cahaya, tata suara dan aneka fitur baru yang membuat gedung tua ini kembali segar bahkan makin bergengsi.

    Mengingat statusnya sebagai cagar budaya, target renovasi tidak cuma modernisasi SUGBK. Melainkan juga melestarikan keaslian bangunan yang dirancang Frederich Silaban berdasar visi dari Presiden Soekarno.

    Padahal selesai dibangun lebih dari setengah abad lalu, sudah berulang kali SUGBK direnovasi. Di setiap renovasinya ada saja tambahan yang dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pada saat itu.

    "Tentunya fungsi dan kebutuhan stadion juga berubah seiring jalannya waktu. Luasan, area atlet juga dengan ketentuan baru dan lain sebagainya," ujar prinsipal arsitek SUGBK, Gregorius Supie Yolodi, kepada medcom.id.

    Tidak terkecuali dalam renovasi terbaru yang pengerjaannya dimulai pada 2016 lalu. Ada banyak perubahan agar SUGBK memenuhi standar dunia yang jadi syarat lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018.  Namun semuanya tetap memperhatikan faktor-faktor heritage bangunannya.

    "Ada bagian-bagian sudah rusak yang dibuat kembali, ada tambahan-tambahan dan perubahan fungsi dari ruang yang disesuaikan," jelasnya.

    Renovasi Kembalikan SUGBK ke 'Selera Asal'

    Bangunan yang merupakan cagar budaya langsung menjadi tantangan unik dalam mendesain. Beberapa masalah awal yang ditemui adalah bangunan yang sudah beberapa kali direnovasi sebelumnya.

    "Ada bagian yang tadinya tertutup, ada yang hancur, ada yang masih utuh. Detail yang masih relevan dan bisa dikembalikan, dikembalikan lagi. Itu namanya me-refurbish dan merevitalisasi kembali stadion ini," papar Supie.




     

    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id