Stadion Utama Gelora Bung Karno

    Jiwa Nusantara di Koridor SUGBK

    Rizkie Fauzian - 21 Januari 2018 07:19 WIB
    Jiwa Nusantara di Koridor SUGBK
    Setelah direnovasi, koridor SUGBK kini lebih lebar lengkap dengan ruang duduk dan lampu-lampu penerangannya. (foto: M. Tuflichun Alfath)
    Jakarta: Tak hanya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, yang tampil segar. Fasilitas penunjangnya juga dirombak sehingga menghadirkan suasana baru dan punya fungsi lebih, salah satunya adalah koridor utama.

    Ada empat koridor yang mengantar warga memasuki kawasan SUGBK. Kini empat koridor tersebut punya wajah baru. Desain sebelumnya yang kaku dan menjemukan, kini lebih menarik berkat detail berjiwa Nusantara.

    "Setiap koridor itu ada pattern-pattern yang menggambarkan kenusantaraan. Ada motif batik, tenun, ada kepulauan, banyak lagi," jelas Yori Antar, desainer yang ditunjuk untuk mendesain ulang koridor SUGBK.

    Arsitek dari biro Han Awal & Partners Architects ini semula menawarkan empat proposal desain. Kementerian PUPR kemudian memilih desain yang disebut Yori Antar mengandung DNA Nusantara yaitu kekayaan seni, budaya dan keberagaman.

    Jiwa Nusantara di Koridor SUGBK

    Di dalam aplikasinya, koridor berjiwa Nusantara ini menyesuaikan dengan konsep renovasi SUGBK yang retro. Sebagai bangunan cagar budaya, maka fasad SUGBK yang minimalis dengan sentuhan modern klasik era '60-an khas arsitektur Rusia harus dipertahankan.

    "Wajah lama malah sengaja kita tampilkan. Kita buat kontras dengan tambahkan sentuhan kenusantaraan masa kini, modern," papar Yori kepada medcom.id

    Selain desain baru, dimensi koridor juga diperlebar dan dilengkapi ruang duduk. Sehingga kini empat koridor SUGBK juga berfungsi sebagai ruang publik yang dapat masyarakat manfaatkan untuk berbagai aktifitas.

    "Koridor lebih terbuka terhadap aktivitas publik. Ini ide kita yang original," imbuh Yori.


     

    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id