Kisah Masa Lampau dari Batang Arau

    Alex Rajes - 22 April 2018 17:06 WIB
    Kisah Masa Lampau dari Batang Arau
    Deretan bangunan tua di bantaran muara Batang Arau. (medcom.id/Alex Rajes)
    Padang: Deretan bangunan tua di kawasan kota tua di Padang Selatan jadi saksi sejarah Kota Padang yang merupakan salah satu kota tertua di pantai barat Sumatera. Bermula dari kampung nelayan dan petani garam, menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan emas yang penting.

    Daya tarik utama Padang bagi VOC adalah muaranya yang besar dan dalam, serta lokasinya tidak terlalu jauh dari sentra penghasil rempah dan emas. Di dalam buku Padang Riwayatmu Dulu (1988), Rusli Amran, menulis kehadiran VOC di Padang dimulai pada 1660-an melalui perjanjian dengan raja-raja muda wakil dari Pagaruyung.  

    Kisah Masa Lampau dari Batang Arau
    Gedung kantor Geo Wehry and Co ini dibangun pada 1910-1920 dan dirancang oleh Ir. FJLGhijsels

    Sejak itu dibangunlah gudang-gudang penyimpangan barang yang akan dikapalkan melalui pelabuhan Muara Padang di muara Batang (sungai) Arau. Di banding empat sungai lain yang membelah Sumatera Barat, Batang Arau yang berhulu sekitar 25 kilometer ke pegunungan Bukit Barisan merupakan yang terpenting karena posisinya sangat strategis bagi perdagangan.

    Status sebagai pusat perniagaan kemudian memacu pertumbuhan fisik kota dan semakin berkembang pasca terbangunnya pelabuhan Emma Haven yang sekarang disebut sebagai Teluk Bayur pada abad ke 19. Perkampungan di pinggiran selatan Batang Arau yang sekarang bernama Seberang Padang merupakan pemukiman pertama di masa itu.

    Layaknya kota pelabuhan lain, pedagang dari berbagai daerah dan benua juga berdatangan ke Padang. Jejak budaya mereka bisa dilihat dari arsitektur gedung-gedung era kolonial di Seberang Padang dan Kota Tua yang menonjolkan detail khas Tionghoa bahkan India.

     



    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id