Bangunan Ikonik di San Francisco Dijual Rp8,5 Triliun

    Rizkie Fauzian - 24 Agustus 2019 08:15 WIB
    Bangunan Ikonik di San Francisco Dijual Rp8,5 Triliun
    Transatlantic Pyramid, bangunan ikonik yang dijual. (Foto: pyramidcenter.com)
    San Francisco: Untuk pertama kalinya, salah satu bangunan paling ikonik di San Francisco, Amerika Serikat, dijual. Bangunan tersebut dihargai USD600 juta atau Rp8,5 triliun (kurs Rp14.2017).

    Transatlantic Pyramid merupakan gedung pencakar langit berbentuk segitiga yang dimiliki oleh Transamerica Corporation. Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek William Pereira.

    Sejak dibangun pada 1972, Transatlantic Pyramid setinggi 48 lantai menjadi bangunan tertinggi di San Francisco. Namun rekor tersebut ditumbangkan oleh Menara Salesforce yang dibangun pada 2018.

    Bangunan bergaya arsitektur brutalis ini awalnya diejek karena bentuknya yang tidak beraturan. Namun kemudian selama beberapa dekade berikutnya, persepsi orang berubah. Transatlantic Pyramid menjadi salah satu bangunan paling ikonik.

    Desain bangunan yang menyerupai piramida meruncing ini merupakan permintaan khusus CEO Transamerica pada saat itu, John Beckett. Dia memilih bentuk yang memungkinkan sinar matahari menghantam jalanan di bawah. 

    Pada saat itu, perencana kota menyebut proposal proyek tersebut "an inhumane creation," atau ciptaan yang tidak manusiawi. Sementara seorang kritikus arsitektur di The Washington Post menyebutnya "a second-class world's fair Space Needle".

    "Saat ini, San Francisco memiliki pasar real estate kantor yang sangat kuat," kata kepala administrasi Transamerica, Jay Orlandi, dalam sebuah pernyataan tentang langkah perusahaan untuk menjual bangunan ikonik tersebut di pasar. 

    Selain piramida, dua bangunan tambahan di Jalan Sansome termasuk dalam penjualan. Tahun lalu perusahaan hanya berusaha menjual sebagian bangunan, namun tahun ini seluruh bangunan akan dijual.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id