Gemerlap Kapal 'Terdampar' di Dubai

    Rizkie Fauzian - 18 Januari 2019 12:12 WIB
    Gemerlap Kapal 'Terdampar' di Dubai
    Dubai Opera bertetangga dengan Air Mancur Dubai dan bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa. AFP Photo/Guiseppe Cacace
    Dubai: Gedung pertunjukkan ini merupakan mahakarya desain kontemporer dan penghormatan bagi sejarah maritim Dubai. Desain eksterior Dubai Opera terinspirasi dari dhow, sebutan untuk kapal tradisional Arab.

    Dubai Opera dirancang arsitek Belanda yang bermukim di Dubai, Janus Rostock. Ekteriornya dihiasi kaca yang dibentuk melengkung seperti kapal. Interior juga dibuat tema kelautan, dengan bentuk gedung  seperti haluan kapal yang terdiri dari panggung utama, orkestra, area kursi, serta atap dan skygarden.

    Gemerlap Kapal 'Terdampar' di Dubai
    AFP Photo/Guiseppe Cacace

    Luas bangunannya yang 60 ribu meter persegi, membuat gedung opera ini mampu menampung hingga dua ribu orang penonton sekaligus. Dubai Opera menggunakan lift hidrolik dan gerbong tempat duduk untuk merelokasi 900 dari 2 ribu kursi penonton.

    Bagian belakang gedung diperpanjang seperti lambung kapal dan berfungsi sebagai area tunggu, taksi, dan tempat parkir. Sebagaimana dikutip dari situs dubaiopera, interiornya juga didesain mudah diubah menjadi beberapa bentuk sesuai kebutuhan.

    Fleksibilitas tanpa batas ini memungkinkan Dubai Opera untuk menyelenggarakan berbagai pertunjukan dan acara. Termasuk teater, opera, balet, orkestra, konser, peragaan busana, hiburan langsung, konferensi, galeri dan pameran seni.

    Gemerlap Kapal 'Terdampar' di Dubai
    AFP Photo/Guiseppe Cacace

    Di dalam mode Teater, ruang ini cocok untuk produksi drama skala besar, musikal, balet, ceramah dan konferensi. Ketika diubah menjadi ruang konser, serangkaian menara dan reflektor di panggung dan overhead dirancang untuk membuat akustik di sekitar orkestra, memungkinkan lingkungan akustik yang sempurna untuk kualitas suara yang sempurna.

    Arsitekturnya yang unik memungkinkan untuk menjadi lokasi kegiatan selain kesenian seperti resepsi pernikahan dan pameran dagang. Bahkan ada restoran di puncaknya dengan pemandangan Air Mancur Dubai dan bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa.(LHE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id