Apartemen Prefabrikasi Tertinggi di Dunia

    Rizkie Fauzian - 22 Juli 2020 19:02 WIB
    Apartemen Prefabrikasi Tertinggi di Dunia
    Apartemen di Singapura dengan teknik prefabrikasi. Foto: ADDP Architects
    Singapura: Avenue South Residences merupakan apartemen di Singapura yang dibangun menggunakan teknik PPVC (Prefabricated Prefinished Volumetric Construction).

    Metode konstruksi PPVC atau prefabrikasi sudah diterapkan pemerintah Singapura sejak 2014. Alasannya karena proses konstruksinya menjadi lebih cepat.

    Menara tersebut ditargetkan rampung pada 2026 dan menjadi bangunan tertinggi di dunia yang dibangun dengan konstruksi prefabrikasi.

    Avenue South Residences memiliki 56 lantai yang mencakup 988 unit apartemen. Dengan jumlah uni tersebut, maka setidaknya ada 2.984 total modul prefabrikasi yang digunakan.

    Modul tersebut dibuat di pabrik, selanjutnya dibawa ke lokasi apartemen untuk dirakit atau ditumpuk sehingga membentuk sebuah menara.

    Modul-modul yang dibuat mulai dari kamar mandi hingga dapur, modul-modul tersebut dibangun di pabrik-pabrik di Singapura dan Malaysia.
    Apartemen Prefabrikasi Tertinggi di Dunia
    Foto: ADDP Architects

    Apartemen tersebut dibangun di atas lahan seluas 5,6 hektare yang terletak di bekas koridor kereta api sepanjang 15 mil.

    Fasiltas apartemen tersebut salah satunya dilengkapi dengan sebagai sebuah taman "sky gardens" yang menawarkan pemandangan Greater Southern Waterfront Singapura.

    Taman lainnya yang lebih kecil akan tersebar di seluruh apartemen, jadi seluruh pemilik dapat merasakan ruang terbuka hijau.

    Arsitek ADDP Markus Cheng mengatakan sebagian besar pekerjaan finishing dan konstruksi dilakukan di pabrik-pabrik, sehingga dapat meminimalisir jaga jarak di tengah pandemi covid-19.

    "Ketika pekerjaan banyak dilakukan di pabrik, maka jumlah pekerja yang harus site bangunan atau proyek menjadi sedikit," jelasnya dikutip Architecturaldigest.

    Cheng menjelaskan, pembangunan menggunakan metode ini juga mengeluarkan biaya yang lebih rendah, waktu konstruksi yang lebih cepat, dan menghasilkan penghematan biaya hingga 15 persen di beberapa kota.
    Apartemen Prefabrikasi Tertinggi di Dunia
    Foto: ADDP Architects

    Tidak mengherankan, bangunan modular prefabrikasi ini semakin umum diaplikasikan di kota-kota yang menghadapi krisis perumahan.

    Pemerintah Singapura menjual tanah kepada pengembang Avenue South Residences dengan syarat bahwa pembangunan menggunakan teknologi PPVC atau prefabrikasi.

    Hong Kong dan dua kota di Kanada menggunakan unit prefabrikasi untuk membangun perumahan sosial. Jaringan hotel Marriott baru-baru ini membangun hotel modular tertinggi di dunia di New York.

    Namun, harga apartemen dengan teknologi ini tidaklah murah. Harga rata-rata sebuah apartemen di Avenue South Residences di bawah USD1,1 juta atau Rp16 miliar.

    Meski demikian, pembangunan apartemen menggunakan metode ini lebih rendah lima persen dibandingkan dengan pembangunan menggunakan teknik tradisional.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id