Desain 'Paling Hijau' CECEP Shanghai Campus

    Rizkie Fauzian - 10 Agustus 2020 13:41 WIB
    Desain 'Paling Hijau' CECEP Shanghai Campus
    Desain untuk CECEP Shanghai Campus di Tiongkok. Visualisasi: Negativ
    Shanghai: Zaha Hadid Architects telah membagikan desain untuk CECEP Shanghai Campus di Tiongkok. Pembangunan kantor tersebut akan memanfaatkan teknologi energi terbarukan dan bahan daur ulang.

    Dikembangkan untuk perusahaan energi terbarukan CECEP, kantor ini akan dibangun di samping Sungai Huangpu. Bangunannya akan terdiri dari tiga menara yang saling berhubungan.

    Direktur Zaha Hadid Architects (ZHA) Patrik Schumacher menggunakan sejumlah fitur berkelanjutan dalam bangunan perkantoran. Bahkan diklaim menjadi bangunan paling hijau di kota Shanghai.

    Desain yang dirancang ZHA menjadi pemenang dalam kompetisi internasional yang diadakan oleh perusahaan CECEP. Kompetisi tersebut meminta arsitek untuk mendesain rumah bagi perusahaan yang mencerminkan etos dan bekerja dengan teknologi energi terbarukan.

    Desain ZHA mencakup panel fotovoltaik dan penggunaan bahan yang bersumber dari lokal, bahan daur ulang dan komponen prefabrikasi dalam konstruksinya untuk mengurangi karbon.

    Meski masih dalam tahap desain, desain kantor ini diharapkan memperoleh peringkat Three-Star Green Building Rating-China's yang merupakan skor tertinggi untuk semua bangunan di Shanghai.

    "Kantor CECEP di Shanghai telah dirancang untuk menjadi bangunan paling hijau di kota dengan keberlanjutan yang tertanam dalam setiap aspek desain dan konstruksinya," jelas ZHA dikutip Dezeen.

    Perkantoran seluas 218.000 meter persegi menetapkan tolok ukur baru untuk sebuah kota dalam konservasi energi, efisiensi energi, dan keberlanjutan.

    "Proyek baru ini menggemakan komitmen CECEP terhadap pendidikan lingkungan dengan menciptakan ruang publik baru yang penting bagi stafnya dan komunitas sekitarnya untuk menikmati alam," tambahnya.

    Fasad menara dari kantor tersebut dibayangkan sebagai rangkaian cincin yang saling terkait yang dimaksudkan untuk mengurangi dampak visualnya.

    Menara tersebut juga diberi pelindung matahari eksternal yang digunakan untuk pemanasan dan pendinginan dengan sistem limbah-panas.

    Penyimpanan es termal akan menghasilkan es di malam hari dan kemudian menggunakannya untuk pengondisian udara keesokan harinya. Hal ini mengurangi kebutuhan energi selama jam sibuk pada hari itu.

    Langkah berkelanjutan utama lainnya yakni pemasangan fotovoltaik di atap dan sebagai penutup di seluruh fasad kantor. Hal ini akan menghubungkan ke penyimpanan baterai dan jaringan mikro.

    Penampungan air hujan akan digunakan untuk mengairi ruang hijau yang luas dan lansekap di seluruh menara. ZHA juga berkomitmen untuk menggunakan bahan daur ulang dan komponen prefabrikasi dalam konstruksinya.

    Elemen prefabrikasi yang akan digunakan berasal dari lokal dalam. Hal ini sebagai upaya mendukung ekonomi lokal dan membantu mengurangi karbon yang biasanya terjadi saat proses pengerjaan bangunan.

    Sebagai bagian dari proyek, ZHA juga akan merombak bangunan industri yang ada di lokasi. Pabrik bernama Shanghai Minghua Sugar yang dibangun pada 1930-an tersebut akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan program pendidikan dan pelibatan masyarakat CEPEC.

    Kampus Shanghai CECEP akan dilengkapi dengan sistem manajemen gedung yang cerdas dan ergantung pada jaringan 5G. Perubahan kondisi internal seperti suhu, sinar matahari atau jumlah penghuni membantu mengurangi konsumsi energi.

    Sistem ini juga akan menggabungkan sistem keamanan biometrik yang memungkinkan staf dan pengunjung untuk memasuki gedung tanpa harus menyentuh permukaan komunal yang berpotensi terkontaminasi.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id