Unik, Tempat Penyimpanan Koleksi Seni Dibuat seperti Mangkuk

    Rizkie Fauzian - 28 September 2020 20:55 WIB
    Unik, Tempat Penyimpanan Koleksi Seni Dibuat seperti Mangkuk
    Depot Boijmans Van Beuningen. Foto: Ossip van Duivenbode
    Rotterdam: Bangunan menyerupai mangkuk besar dengan fasad dilapisi kaca cermin menarik perhatian di antara gedung lainnya. Bangunan tersebut merupakan bagian dari Museumpark Rotterdam di Belanda.

    Depot Boijmans Van Beuningen merupakan fasilitas penyimpanan untuk koleksi seni museum. Untuk pertama kalinya sejak 1935, koleksi tersebut disimpan dalam satu ruangan.

    Bangunan tersebut akan dibuka untuk umum pada 2021. Depot Boijmans Van Beuningen berisi ruang penyimpanan dan pemeliharaan barang-barang seni yang dapat diakses oleh pengunjung.
    Unik, Tempat Penyimpanan Koleksi Seni Dibuat seperti Mangkuk
    Foto: Ossip van Duivenbode

    Hal tersebut menjadikan Depot Boijmans Van Beuningen sebagai fasilitas seni pertama yang dapat diakses publik di dunia. Depot tersebut akan menawarkan "pengalaman baru" bagi pengunjung museum.

    Depot Boijmans Van Beuningen dirancang oleh studio arsitektur lokal MVRDV dengan tinggi 12 meter dan mencakup 15 ribu meter persegi. Depot tersebut dibalut dengan 1.664 panel kaca cermin.

    Alasan penggunaan kaca pada fasad adalah untuk menyatukan bangunan yang berisi penyimpanan dengan museum park yang dirancang oleh studio OMA. Bentuk mangkuk juga dikembangkan untuk meminimalkan jejaknya.
    Unik, Tempat Penyimpanan Koleksi Seni Dibuat seperti Mangkuk
    Foto: Ossip van Duivenbode

    "Fasadnya merefleksikan apa pun yang mengelilinginya, mulai dari orang yang lewat, halaman rindang museum park, awan, dan cakrawala kota Rotterdam," kata MVRDV dikutip Dezeen.

    Di dalam gedung terdapat beberapa ruang penyimpanan yang berdampingan dengan studio untuk para kurator dan area untuk pemeliharaan karya seni.

    Ruang penyimpanan dibagi menjadi lima zona yang berbeda sehingga artefak dapat disimpan dan dipamerkan sesuai dengan persyaratan suhu dan kelembaban spesifiknya tergantung pada materialnya.
    Unik, Tempat Penyimpanan Koleksi Seni Dibuat seperti Mangkuk
    Foto: Ossip van Duivenbode

    Menurut MVRDV, titik fokus bangunan tersebut adalah atrium di tengah yang diisi dengan tangga dan etalase kaca gantung yang nantinya akan diisi dengan karya seni yang dipilih oleh kurator museum.

    Atrium ini akan menghubungkan ruang penyimpanan dan ruang pameran ke studio kurator sehingga pengunjung dapat mengetahui cara museum merawat dan memelihara koleksinya.

    Setelah dibuka untuk umum, karya seni akan ditampilkan di seluruh bangunan, termasuk di restoran yang dijuluki "hutan atap" karena ditanami dengan 75 pohon birch tinggi.

    "Dengan selesainya konstruksi ini, kini museum dan penggunanya dapat mulai menghuni gedung dan mengisi ruang-ruangnya dengan karya seni yang tak ternilai," kata pendiri MVRDV Winy Maas.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id