comscore

Rampung Dibangun, Begini Penampakan Gedung Paling Ramping di Dunia

Rizkie Fauzian - 05 April 2022 23:36 WIB
Rampung Dibangun, Begini Penampakan Gedung Paling Ramping di Dunia
Gedung paling ramping 111 West 57th Street di New York City. Foto: David Sundberg
Manhattan: Pembangunan gedung pencakar langit 111 West 57th Street telah rampung. Gedung tersebut digadang-gadang jadi yang paling ramping di dunia.

Dengan tinggi 435 meter, gedung tersebut menjadi yang tertinggi kedua di Belahan Barat. Gedung tersebut berada di kawasan yang disebut Billionaires Row di Midtown Manhattan, New York
Gedung yang dirancang oleh Arsitek SHOP memiliki tinggi bangunan mencapai 24 kali dari lebarnya sehingga dianggap sebagai gedung pencakar langit paling ramping di dunia.

Rencana pembangunan gedung diumumkan pada 2013 dan groundbreaking pada tahun berikutnya. Namun, konstruksi terhenti pada 2017 karena alasan keuangan. 

111 West 57th Street berada di atas Steinway Hall yang bersejarah sehingga disebut Menara Steinway. Gedung ini memiliki 91 lantai dan setiap lantai hanya terdiri dari satu hunian.

"Sebagai warga New York, kami sangat bangga menambahkan ikon baru ke cakrawala kami," kata kepala SHOP Architects Gregg Pasquarelli kepada Dezeen. 

Gedung ini meruncing ke tepi puncaknya. Fasad timur dan baratnya dilapisi ubin terakota dengan aksen perunggu, sementara dinding tirai kaca menghadap Central Park di utara dan Lower Manhattan di selatan.

Interiornya dikerjakan oleh Studio Sofield. Di dalam gedung juga terdapat kolam renang setinggi 25 meter, serta fasilitas mewah lainnya termasuk ruang makan pribadi dan pusat kebugaran.

Gedung tersebut dikembangkan oleh JDS Development Group, Property Markets Group, dan Spruce Capital Partners.


(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id