Gedung 3 Warna yang Sederhana dan Sarat Makna - Medcom

    Gedung 3 Warna yang Sederhana dan Sarat Makna

    Rizkie Fauzian - 13 Februari 2019 09:27 WIB
    Gedung 3 Warna yang Sederhana dan Sarat Makna
    La Marseillaise berdiri di kawasan pelabuhan dan bertetangga dengan kawasan kota tua yang bersejarah. AFP Photo/Gerard Julien
    Marseille: Gedung perkantoran dengan warna unik ini berada di Euroméditerranée-sebuah distrik pusat bisnis di Marseille, Prancis. Gedung tersebut menjadi salah satu landmark di kota pelabuhan terbesar di Prancis.

    Warna gedung yang menjulang setinggi 135 meter tersebut terdiri dari 27 gradasi warna merah, putih dan biru sehingga memberi efek ombre pada fasadnya. Pemilihan warna gedung yang bernama La Marseillaise rupanya mengandung makna khusus.

    Pemilihan warna biru melambangkan langit kota, merah mewakili warna atap kota dan putih merujuk warna batu di Massif des Calanques-sebuah lembah yang terbentuk dari batu kapur.

    Bangunan yang digarap oleh arsitek Prancis, Jean Nouvel tersebut memiliki fasad beton segi panjang. Desainnya dibuat seperti gedung perkantoran pada umumnya, dengan fasad penuh kaca.

    Gedung 3 Warna yang Sederhana dan Sarat Makna
    AFP Photo/Gerard Julien

    "Gedung di seluruh dunia terlihat sangat mirip, terkadang kita sering tertukar, mereka bisa ada di mana saja," jelas Nouvel seperti dilansir dezeen.

    Tak banyak gedung perkantoran yang dibuat untuk menggambarkan sebuah kota. Gedung-gedung tersebut hanya dibangun dengan tinggi. "Menara saya adalah tunggal. Ambisinya adalah jelas laut Mediterania," ungkapnya.

    Gedung tersebut berisi 35 ribu meter persegi ruang kerja, dan menjadi gedung kantor terbesar yang dikembangkan oleh Quais d'Arenc Constructa.

    Terdiri dari 31 lantai, gedung ini memiliki ruang perkantoran, restoran, tempat penitipan anak, dan taman untuk sepeda. Gedung ini berada berdekatan dengan gedung rancangan Zaha Hadid, CMA CGM.




     



    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id