Couch-19, Sofa Unik yang Terbuat dari Ratusan Masker

    Rizkie Fauzian - 26 Februari 2021 18:28 WIB
    Couch-19, Sofa Unik yang Terbuat dari Ratusan Masker
    Couch-19, sofa berisi ratusan masker bekas pakai. Foto: Raffaele Merler.



    Jakarta: Desainer Italia Tobia Zambotti merancang sebuah sofa lipat. Uniknya, sofa tersebut diisi puluhan ribu sampah masker sekali pakai.

    Penggunaan masker tersebut untuk menarik perhatian masyarakat tentang jumlah sampah yang dihasilkan atau diakibatkan pandemi covid-19.






    Dinamakan Couch-19, sofa berisi masker tersebut dikumpulkan warga Pergine Valsugana, Zambotti, Italia menggunakan alat pelindung diri (APD).
    Couch-19, Sofa Unik yang Terbuat dari Ratusan Masker
    Ada 10 ribu masker tersebut dijadikan isian sofa yang terbuat dari PVC bening. Tujuannya agar tumpukan masker menyerupai puncak gunung es.

    Tujuan lainnya bahwa masker yang dibuat untuk sofa hanyalah sebagian kecil dari 129 miliar yang telah dibuang masyarakat dunia setiap bulannya sejak pandemi.

    Diperkirakan bahwa sekitar 75 persen masker tersebut akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Padahal perlu 450 tahun untuk terurai.

    "Kami menghadapi pandemi plastik, masker sekali pakai, sarung tangan dan pelindung wajah, meskipun ada alternatif berkelanjutan yang bagus dan kita semua tahu betapa pentingnya menggunakannya," kata Zambotti kepada Dezeen.
    Couch-19, Sofa Unik yang Terbuat dari Ratusan Masker
    Zambotti menambahkan, bahwa tujuannya membuat proyek tersebut adalah mengubah sesuatu yang dianggap sampah menjadi sesuatu yang bermakna.

    Zambotti merekrut relawan melalui postingan Facebook untuk mengumpulkan masker yang berserakan di jalan dan menyimpan masker yang mereka gunakan setiap hari.

    Partikel virus korona dapat bertahan hidup di masker selama tujuh hari, oleh karena itu Zambotti menyimpannya dalam kantong plastik tertutup selama sebulan untuk memastikan tidak ada virus yang tertinggal. 

    Maker tersebut juga diberi disinfektan dengan semprotan ozon, yang telah terbukti menonaktifkan virus yang mirip dengan virus covid-19.

    Couch-19 terdiri dari empat unit modular berlapis PVC, yang dapat digabungkan menjadi beberapa bentuk tempat duduk mulai dari sofa hingga kursi malas.

    "Bahannya harus kuat, transparan dan 'dingin'. Meski maskernya tidak dapat didaur ulang, namun PVC transparan yang saya pilih 100 persen dapat didaur ulang," jelasnya.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id