Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase

    Rizkie Fauzian - 20 Mei 2020 17:43 WIB
    Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase
    Desain mal yang menyerupai sebuah oase. Foto: Sordo Madaleno Arquitectos
    Abu Dhabi: Studio Sordo Madaleno Arquitectos (SMA) meluncurkan desain untuk perbaikan pusat perbelanjaan di kota Al-Ain, dekat Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

    SMA menawarkan reinterpretasi kontemporer dari arsitektur tradisional Arab dengan desain yang menyerupai salah satu dari delapan oase di kawasan tersebut.
    Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase
    Foto: Sordo Madaleno Arquitectos

    Dalam proposalnya, SMA merancang mal dengan konsep kontemporer sebuah oasis sebagai tempat perlindungan di tengah kota. Tak hanya sebagai pusat perbelanjaan, SMA juga menambahkan galeri seni.

    Bagian atapnya dirancang modular dengan lengkungan. Atap ini yang menjadi elemen utama atau visual dari konstruksi mal. Konsep yang diusung menyerupai delapan oasis yang ada di kota tersebut.
    Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase
    Foto: Sordo Madaleno Arquitectos

    Tak hanya itu, desain atap juga dirancang sejalan dengan kontrol iklim dan konsep arsitektur dari wilayah tersebut. Hal ini juga termasuk strategi berkelanjutan untuk kenyamanan pengguna.

    Struktur mal diubah menjadi kompleks, menawarkan pengalaman baru termasuk ruang pameran dan teras untuk bersosialisasi. Volumetri dihasilkan dengan mengadopsi dari arsitektur sebelumnya.
    Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase
    Foto: Sordo Madaleno Arquitectos

    Sementara ruang terbuka memiliki desain menyerupai sebuah oasis dalam bentuk maupun konsep. Ruang komersial diintegrasikan ke dalam seluruh kompleks dengan volume tiga lantai dalam bentuk sepatu kuda.

    Di dalam, SMA telah merancang lorong untuk toko-toko secara linear dengan tujuan menciptakan titik tengah yang bertindak sebagai area pertemuan.
    Desain Mal Menyerupai Sebuah Oase
    Foto: Sordo Madaleno Arquitectos

    Seluruh rancangan dikembangkan di bawah tanggung jawab pemimpin proyek Fabiano Continanza dan Andrés Muñoz. Keduanya menyajikan pemikiran ulang dari bangunan mal yang ada.

    SMA adalah runner-up dalam kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh pengembang real estate Cityland. Kompetisi tersebut mengundang 20 perusahaan arsitektur untuk mengajukan proposal mereka untuk renovasi pusat perbelanjaan yang ada di distrik Al Jimi di kota Al-Ain dekat Abu Dhabi.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id