Rusia Bakal Bangun Gedung Tertinggi Kedua di Dunia

    Rizkie Fauzian - 28 Mei 2021 19:47 WIB
    Rusia Bakal Bangun Gedung Tertinggi Kedua di Dunia
    Lakhta Center II setinggi 703 meter bakal jadi yang tertinggi kedua di dunia. Visual: Kettle Collective



    St Petersburg: Studio arsitektur Skotlandia Kettle Collective meluncurkan desain untuk gedung pencakar langit di St Petersburg, Rusia. Gedung setinggi 703 meter bakal jadi yang tertinggi kedua di dunia.

    Saat ini, bangunan tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa dengan ketinggian 828 meter di Dubai yang dirancang oleh Skidmore Owings & Merrill (SOM).

     



    Gedung yang disebut Lakhta Center II tersebut berlantai 150. Jika gedung ini rampung dibangun, maka akan memiliki lantai tertinggi di dunia dengan ketinggian 590 meter.

    Lakhta Center II akan dibangun di samping gedung tertinggi di Rusia saat ini yakni Lakhta Center. Gedung tersebut merupakan markas besar bagi perusahaan energi Rusia Gazprom dan selesai dibangun pada Oktober 2018.

    Pendiri Kettle Collective Tony Kettle yang merancang Lakhta Center setinggi 462 meter di St Petersburg. Proyek ini kemudian diserahkan kepada arsitek Rusia, Gorproject untuk diselesaikan.

    Lakhta Center II bakal memiliki bentuk kaca heliks yang dibungkus dalam rangka logam. Gedung ini akan terisolasi di Laut Baltik, tetapi tidak akan berada di sebuah pulau. 

    Lokasi akhir gedung ini belum bisa dikonfirmasi. Gazprom mengatakan akan menyediakan lahan sebagai bagian dari program "perbaikan kota".

    "Desainnya akan dibuat estetis dan fungsional karena akan dibuat untuk menahan kekuatan angin yang cukup besar sehingga berdampak pada struktur," kata Tony Kettle.

    Lapisan luar bangunan dibuat dari kolom spiral yang membentuk diagrid heliks, sedangkan strukturnya diukir oleh serangkaian atrium spiral dengan ruang publik vertikal.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id