5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia

    Rizkie Fauzian - 18 Maret 2021 14:00 WIB
    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Desain jembatan kaca di Tiongkok. Foto: Zhejiang University.



    Jakarta: Jembatan bukan hanya penghubung suatu wilayah, tetapi bisa menjadi sebuah ikon wisata yang mendatangkan wisatawan. Seperti jembatan Golden Gate di San Francisco.

    Dengan panjang 2.737 meter, Golden Gate pernah dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia dan menjadi salah satu landmark terkenal di Amerika Serikat.

     



    Banyak jembatan lainnya di seluruh dunia yang memiliki desain dan arsitektur yang memukau. Jembatan tersebut baru saja dibuka tahun lalu.

    Berikut ini, lima jembatan dengan desain memukau di seluruh dunia, dikutip dari Dezeen.

    1. Jembatan berlantai kaca, Tiongkok

    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Desain jembatan kaca di Tiongkok. Foto: Zhejiang University.

    Jembatan sepanjang 526 meter ini melintasi Sungai Lianjiang di Provinsi Guangdong. Diresmikan tahun ini, jembatan ini bahkan tercatat di Guinness World Records sebagai jembatan berlantai kaca terpanjang di dunia.
     
    Desain Arsitektur & Lembaga Penelitian Universitas Zhejiang merancang jembatan gantung, yang terbuat dari kaca laminasi temper setebal 4,5 sentimeter, benar-benar jernih sehingga wisatawan dapat melihat sungai 201 meter di bawah.

    2. Gerbang masuk Technion, Israel

    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Jembatan dengan arsitektur memukau. Foto: Amit Geron.

    Gerbang masuk Technion Israel Institute of Technology dirancang sebagai jembatan yang menghubungkan kampus dengan kawasan pejalan kaki kota.
     
    "Kami memutuskan untuk menawarkan interpretasi baru pada gagasan 'gerbang' bukan penghalang atau pemisah tetapi sebagai jembatan," kata studio Schwartz Besnosoff Architects.
     
    Jembatan sengaja dirancang lebih tinggi di atas jalan yang ada menggunakan perangkat parametrik, dan menambahkan alun-alun informal tempat siswa dapat bertemu teman.

    3. The Providence River Pedestrian Bridge, Amerika Serikat

    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Jembatan dengan arsitektur memukau. Foto: Steve Kroodsma.

    Jembatan pejalan kaki Sungai Providence ini menghubungkan dua taman di Providence, Rhode Island, dan lima dermaga yang ada. Jembatan ini dirancang oleh Inform Studio dan Buro Happold.
     
    Struktur jembatan terbuat dari bajan yang dilapisi panel modular tahan busuk yang terbuat dari kayu Wana. Bahan ini dahulu kala digunakan oleh maritim Providence dalam pembuatan kapal.

    4. Jembatan Wuchazi, Tiongkok

    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Jembatan dengan arsitektur memukau. Foto: Arch-Exist.

    Desain jembatan Wuchazi dibuat berkelok-kelok yang sangat memukai. Jembatan ini dibuat dengan fungsional sehingga tak hanya menjadi penghubung namun pemandangan yang indah.
     
    Jembatan ini dirancang oleh arsitek yang berbasis di Berlin Tom Wünschmann, Achim Kaufer, Wei Cai dan Philipp Buschmeyer serta institut desain Tiongkok SADI dan JDTM.
     
    Jembatan ini melintasi sungai di Chengdu untuk menghubungkan pusat pameran dan taman dengan area pemukiman. "Tujuan kami adalah mengembangkan jembatan yang lebih dari sekadar elemen infrastruktur monofungsional," kata Kaufer kepada Dezeen.

    5. Lille Langebro, Denmark

    5 Jembatan dengan Arsitektur Memukau di Dunia
    Jembatan dengan arsitektur memukau. Foto: Rasmus Hjortshøj – COAST

    Studio arsitektur London WilkinsonEyre bekerjasama dengan Badan Perkotaan Kopenhagen untuk membuat Lille Langebro, jembatan penyeberangan dan sepeda.
     
    Jembatan baja yang dapat dibuka untuk perahu, dirancang sebagai cara bertahap menarik perhatian lingkungan Christianshavn di sekitarnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id