8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    Gervin Nathaniel Purba - 22 Februari 2020 15:39 WIB
    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem
    Casa Del Acantilado yang terletak di Granada, Spanyol, memiliki permukaan bergelombang dengan tekstur menyerupai kulit naga atau ombak laut (Foto:Gilbartolome)
    Jakarta: Membangun rumah di permukaan datar sudah biasa. Bagaimana jika mendirikan bangunan di lereng yang curam? Tampak mustahil, tapi sejumlah arsitek membuktikan kepiawaiannya.

    Mereka berhasil memperlihatkan bahwa bila dilakukan dengan akurat dan disiplin, rumah bisa dibangun bahkan di lokasi yang terlihat irasional.

    Ada delapan rumah yang dibangun di sejumlah lokasi tak lazim. Hasilnya memukau dan menimbulkan decak kagum orang yang melihat.


    1. Rumah Tebing (Nova Scotia, Kanada)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:MacKay Lyons Sweetapple Architects)

    Dilansir Cnn.com, Cliff House yang terletak di pantai Atlantik, Nova Scotia adalah intervensi inventif dan menyenangkan dalam lanskap.

    Dari ketinggian bukit, rumah itu terlihat sangat normal. Tapi dari pantai, rumah itu terlihat berdiri di atas tebing. Bikin merinding mereka yang fobia ketinggian.

    Menurut para arsitek, bentuk rumah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman seolah mengambang di laut.

    Superstruktur baja galvanis menjadi fondasi kuat dan dipasang di tebing. Sementara, elemen kayu menawarkan kenyamanan di dalam dan luar.

    Kubus tidak dibagi menjadi beberapa tingkat, sehingga ruang yang besar tampak memenuhi seluruh area. Hanya sebagian kecil saja yang diubah menjadi tempat tidur.


    2. Hirafu (Niseko, Hokkaido, Jepang)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Florian Busch Architects)

    Rumah ini memiliki struktur berbentuk L untuk menghubungkan rumah dengan bukit. Dua kubus berdiri di atas satu sama lain. Memberi kesan dinamis bahwa seluruh struktur mungkin tergelincir ke bawah lereng.

    Pintu masuk ke rumah dan ruang pribadi terletak di kubus bawah. Sementara di dalam, tangga mengarah ke ruang tamu dan letak dapur di tingkat atas.


    3. Rumah di Lereng Curam (Calpe, Alicante, Spanyol)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Fran Silvestre Arquitectos)

    Geometris, kemurnian linier adalah karakteristik utama dari bangunan yang tertanam di lereng curam. Bidang tanah yang tidak biasa dan sangat sulit ini mengilhami bentuk tiga dimensi yang imajinatif. Bentuknya mengundang dialog visual yang mengejutkan dengan lingkungannya.

    Bahan dasar rumah itu terbuat dari beton dan digantung di atas kontur bukit. Rumah tersebut terisolasi dari luar dan ditutupi oleh plester kapur putih.

    Bagian depan rumah sepenuhnya berlapis kaca memberikan pemandangan fantastis. Terdapat juga kolam renang tanpa batas, serta teras luas.


    4. Rumah Pohon Qiyunshan (Xiuning, Tiongkok)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Bengo Studio)

    Rumah Pohon Qiyunshan bukan rumah yang dibangun di atas pohon, tetapi berdiri setinggi 11 meter di hutan cedar merah di provinsi Anhui, Tiongkok Timur. Bahan alami rumah ini menggunakan kayu cedar merah untuk alasan estetik dan praktis.

    Aula pintu masuk yang sempit dan melengkung menggema kurva jalan di dekatnya. Di dalam, elemen individu dari bentuk kompleks ini terletak pada level yang berbeda dan menghadap berbagai arah.

    Tangga spiral mengarah ke kamar-kamar minimalis dengan jendela yang saling menghadap. Jendela tersebut berfungsi sebagai bingkai untuk pemandangan mencolok.

    Ruang tamu dan kamar tidur sengaja dibuat kecil, karena para arsitek ingin membuat tempat pengamatan. Bukan rumah keluarga yang luas.


    5. Villa Escarpa (Luz, Algarve, Portugal)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Mario Martins)

    Villa Escarpa bisa dibilang sebagai raksasa geometris putih yang menyeimbangkan lereng curam menghadap ke desa Praia da Luz.

    Karena aturan ketat tentang konstruksi di garis pantai ini, struktur rumah tidak dapat melebihi batas diambil oleh rumah sebelumnya. Arsitek Mario Martins menemukan cara spektakuler untuk memanfaatkan plot yang relatif kecil.

    Idenya adalah untuk menciptakan efek rumah melayang di atas lanskap. Ini membantu dengan masuknya teras atap, yang menambah cahaya. Strukturnya tidak hanya menarik, tetapi tahan lama. Hal ini sangat penting karena kencangnya angin di daerah tersebut.


    6. Rumah Lipat (Los Angeles, Amerika Serikat)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Urban Operations)

    Bentuk rumah di Los Angeles ini menyerupai potongan origami yang terlipat. Bangunan ini menampilkan permainan yang memukau antara garis-garis bersudut tajam.

    Fasad rumah terdiri atas berbagai bentuk dan volume. Bentuk dan volume terbesar berada di dek atap dengan panorama menakjubkan Pegunungan San Gabriel.

    Sebagian besar rumah itu tenggelam jauh ke dalam tanah, yang harus digali secara mendalam untuk melekatkan struktur kolosal ke lereng curam.


    7. La Binocle (Townships Timur Quebec, Kanada)

    8 Rumah yang Dibangun di Tempat Ekstrem

    (Foto:Naturehumaine)

    Jendela besar pada rumah memberikan pemandangan panorama daerah sekitar hutan. Rumah ini terletak di atas gunung, di Quebec, Kanada.

    Bangunan rumah ini terbagi bangunan besar dan bangunan kecil. Bangunan besar menampung ruang tamu. Sedangkan yang lebih kecil menampung dua kamar tidur.

    Desain rumah sebagian ditentukan oleh dimasukkannya atap menjorok miring ke bawah. Fungsinya untuk membatasi jumlah sinar matahari selama musim panas yang lebih hangat.

    Fondasi bangunan menancap ke tanah. Bangunan itu dilapisi dengan kayu yang bakar untuk lebih menyatu dengan lingkungan.


    8. Casa Del Acantilado (Salobrena, Granada, Spanyol)

    Dibangun di pantai Granada Spanyol, rumah tebing ini merupakan bentuk penghormatan kepada arsitek Antoni Gaudi.

    Rumah itu tidak hanya terkubur di bukit, tetapi juga tersembunyi di bawah atap yang fantastis. Jika dilihat dari atas, bentuknya melengkung dan permukaan bertekstur menyerupai kulit naga atau ombak laut.

    Casa Del Acantilado memiliki dua lantai. Satu difungsikan sebagai ruang tamu ruang terbuka dan lainnya menampilkan ruang yang lebih privat.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id