Rumah 'Langsing' di Seoul yang Padat

    Rizkie Fauzian - 20 Februari 2019 10:18 WIB
    Rumah 'Langsing' di Seoul yang Padat
    Lengkungan terjal di puncak rumah merupakan cara agar sinar matahari tetap dapat diterima rumah-rumah sekitarnya. dezeen/Bae Jihun
    Seoul: Sebuah rumah di Seoul, Korea Selatan, ini cocok bagi penghuni yang bertubuh langsing. Lebar lorong dan tangganya dibuat 'secukupnya' demi mendapatkan ruangan yang lebih luas.

    Rumah berlantai lima ini berdiri menjulang di atas lahan 100 meter persegi. Fasadnya terbuat dari batu bata merah membuatnya sosoknya yang jangkung tampak mencolok di antara rumah lainnya.

    Setiap ruangan dibangun secara vertikal dengan langit-langit tinggi sehingga memberi kesan lebih luas. Tiap lantai menjadi ruang terpisah yang membutuhkan adaptasi bagi penghuninya.

    Rumah 'Langsing' di Seoul yang Padat
    dezeen/STPMJ

    "Secara tradisional rumah memiliki satu ruangan dengan berbagai fungsi. Ini kami memisahkannya ke lantai-lantai tersendiri," ujar," salah satu arsitek STPMJ yang menggarap proyek rumah langsing ini.

    Seperti dikutip dari dezeen, Fasadnya dibangun persegi panjang dengan beberapa sisi yang sedikit melengkung. Hal tersebut agar rumah tetangga tidak terhalang sinar matahari.


    Rumah 'Langsing' di Seoul yang Padat
    dezeen/Bae Jihun

    Untuk menciptakan sirkulasi udara, setiap lantainya dibuatkan jendela berbentuk persegi panjang. Sementara sisi lainnya dibuat ventilasi dengan banyak lubang yang membentuk persegi.

    Interiornya di beri sentuhan kayu pucat dengan dinding putih yang menghadirkan pencahayaan ke setiap ruangan. Terdapat fitur-fitur seperti rak buku di tangga.

    Selain itu, ada ruangan seperti bermain anak, studio pembuatan furnitur. Di lantai dasar, terdapat area parkir yang sebagian tertutup.
          

     



    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id