Bekas Pembangkit Listrik Disulap Jadi Perumahan dan Kantor

    Rizkie Fauzian - 10 Juni 2021 18:51 WIB
    Bekas Pembangkit Listrik Disulap Jadi Perumahan dan Kantor
    Pembangkit listrik yang tak terpakai tersebut dibangun pada abad ke-20. Visual: Herzog & de Meuron



    San Francisco: Sebuah pembangkit listrik di tepi pantai San Francisco, Amerika Serikat bakal disulap jadi perumahan dan ruang perkantoran. Pembangkit listrik yang tak terpakai tersebut dibangun pada abad ke-20. 

    Studio arsitektur Swiss Herzog & de Meuron dan Adamson Associates Architects memulai pembangunan pembangkit listrik. Struktur bata bernama Stasiun A tersebut bakal diubah menjadi kantor dan ruang kerja.

     



    Pembangkit seluas 11,7 hektar yang disebut Power Station tersebut akan menghubungkan kawasan industri tepi laut ke Dogpatch. Masterplan tersebut diawasi oleh pengembang Associate Capital.
    Bekas Pembangkit Listrik Disulap Jadi Perumahan dan Kantor
    Pembangkit tersebut akan mencakup 2.600 unit hunian dan ruang kerja seluas 148.600 meter persegi yang dibagi pada dua gedung serba guna baru yang sedang dirancang oleh Foster + Partners.

    Adapun 30 persen dari total perumahan akan diperuntukkan bagi masyarakat dengan harga terjangkau, dengan 36 unit didedikasikan untuk inisiatif tunawisma.

    "Penemuan kembali pembangkit listrik akan membawa kehidupan baru ke sebuah bangunan penting dari masa lalu kota di tepi pantai San Francisco," kata mitra senior Herzog & de Meuron Jason Frantzen.
    Bekas Pembangkit Listrik Disulap Jadi Perumahan dan Kantor
    Sebagai bagian dari perbaikan, aula turbin lama pabrik akan dipertahankan dan digunakan sebagai ruang besar seperti atrium. Di sini, platform asli yang dulunya mendukung mesin akan digunakan sebagai jalur pejalan kaki dan dek.

    Herzog & de Meuron juga akan menggunakan kembali fondasi besar bangunan sebagai penopang struktur rangka baja ringan baru yang di atasnya berisi kantor. 

    Secara eksternal, struktur baru akan dilapisi kaca dan selesai dengan kisi-kisi peneduh dan bukaan untuk ventilasi alami guna mengurangi kebutuhan akan pendinginan buatan.

    Selain rumah dan kantor, pembangkit listrik ini  akan dilengkapi dengan toko, restoran, dan hotel serta taman seluas tujuh hektar.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id